Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

Penerapan Strategi Belajar Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Kalam (Studi Kasus di Lembaga Takhossus Kitab Al-Wafiyah di Wilayah Zaid bin Tsabit (K) Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo)

Rif'Atul Hidayah - Nama Orang;

Pembelajaran aktif (active learning) merupakan suatu pembelajaran yang
mengarahkan peserta didik untuk belajar secara lebih aktif sejak awal
(mengemukakan/merumuskan sebuah pertanyaan), dan mendominasi pelaksanaan
pembelajaran. Pembelajaran aktif juga bisa diterapkan dalam kegiatan belajar
mengajar bahasa arab, termasuk juga dalam materi maharah kalam.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan maharah kalam dengan
menerapkan Strategi Belajar Aktif di Lembaga Takhossus Kitab Al- Wafiyah di
Wilayah Zaid bin Tsabit Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Berawal dari hal tersebut, kemudian peneliti mengkaji persoalan tersebut lebih
jauh lagi dalam karya ilmiah (skripsi) menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
dengan tujuan (1) untuk mengetahui penerapan strategi belajar aktif untuk
meningkatkan kemampuan maharah kalam. (2) untuk mengetahui faktor pendukung,
dan faktor penghambat dari penerapan strategi belajar aktif untuk meningkatkan
kemampuan maharah kalam.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, teknik pengumpulan data yang yang
digunakan oleh peneliti berupa observasi lapangan, interview, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa : (1) model pembelajaran aktif
dilaksanakan dalam 4 model yaitu diskusi panel, visualisasi dialog, tanya jawab dan
evaluasi. (2) faktor yang mendukung ialah adanya kemauan peserta didik yang tinggi,
pengasramaan peserta didik, dan keaktifan guru. Sedangkan faktor penghambatnya
ialah kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung serta jam pelajaran yang
sedikit.


Ketersediaan
153060059315 RIF p 593Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15 RIF p 593
Penerbit
PAITON PROBOLINGGO : UNUJA., 2019
Deskripsi Fisik
84 halaman
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1530600593
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Strategi Belajar Aktif, Maharah Kalam
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik