Electronic Resource
Penerapan Strategi Belajar Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Kalam (Studi Kasus di Lembaga Takhossus Kitab Al-Wafiyah di Wilayah Zaid bin Tsabit (K) Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo)
Pembelajaran aktif (active learning) merupakan suatu pembelajaran yang
mengarahkan peserta didik untuk belajar secara lebih aktif sejak awal
(mengemukakan/merumuskan sebuah pertanyaan), dan mendominasi pelaksanaan
pembelajaran. Pembelajaran aktif juga bisa diterapkan dalam kegiatan belajar
mengajar bahasa arab, termasuk juga dalam materi maharah kalam.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan maharah kalam dengan
menerapkan Strategi Belajar Aktif di Lembaga Takhossus Kitab Al- Wafiyah di
Wilayah Zaid bin Tsabit Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Berawal dari hal tersebut, kemudian peneliti mengkaji persoalan tersebut lebih
jauh lagi dalam karya ilmiah (skripsi) menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
dengan tujuan (1) untuk mengetahui penerapan strategi belajar aktif untuk
meningkatkan kemampuan maharah kalam. (2) untuk mengetahui faktor pendukung,
dan faktor penghambat dari penerapan strategi belajar aktif untuk meningkatkan
kemampuan maharah kalam.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, teknik pengumpulan data yang yang
digunakan oleh peneliti berupa observasi lapangan, interview, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa : (1) model pembelajaran aktif
dilaksanakan dalam 4 model yaitu diskusi panel, visualisasi dialog, tanya jawab dan
evaluasi. (2) faktor yang mendukung ialah adanya kemauan peserta didik yang tinggi,
pengasramaan peserta didik, dan keaktifan guru. Sedangkan faktor penghambatnya
ialah kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung serta jam pelajaran yang
sedikit.
1530600593 | 15 RIF p 593 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain