Electronic Resource
MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR STUDI KASUS DI PROGRAM TAHFID SMP IT PERMATA
Manajemen Peserta Didik dalam meningkatkanPrestasi Belajar studi Kasus di Program
Tahfid SMP IT Permata . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses
manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di program
tahfid di SMP IT Permata dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan
penghambat manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik
di program tahfid di SMP IT Permata.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Analisis data yang digunakan adalah model
analisis Interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen
peserta didik yang digunakan melelui program Tahfidz untuk peningkatan prestasi belajar
di SMPIT Permata yang ditempuh dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi terhadap peserta didik dalam program Tahfidz yang ditujukan untuk peningkatan
prestasi belajar. dan faktor pendukung di dalam proses manajemen peserta didik ialah
suasana dan model pembelajaran guru yang menarik. Suasana merupakan salah satu
faktor pendukung pembelajaran tahfid, dan juga model pembelajaran guru yang menarik
dan kreatif menjadi faktornya pendukung motivasi siswa yang berhafalan. Dan faktor
penghambatnya ialah gangguan gejdet ketika pulang dari asrama menghambat proses
hafalan siswa, guru yang tidak kondusif ketika mengajar dan itu membuat siswa
terkendala ketika mau setoran hafalan.
1530500071 | 15 UMM m 071 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain