Electronic Resource
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI TARBIYATUL ISLAM KRAKSAAN
Dalam proses pembelajaran media mempunyaiperanan yang cukuppenting. Karenadalamkegiatanpembelajaransiswatidakakanmengertiapabilahanya di jelaskandengan kata-kata saja, olehkarnaitu guru menggunakan media gambar agar pesertadidiktermotivasidanmemahamipembelajarandenganbaik. Media berasaldaribahasalatindanmerupakanbentukjamakdarikatan medium yang secaraharfiahberartiperantara. Gambarmerupakanalat visual yang dapatmenjelaskandenganlebihkongritdanrealistik.Informasi yang di sampaikandapat di mengertidenganmudahdanhasil yang di terimaolehpesertadidikakansama.
Tujuanpenelitianiniadalah1.Untukmengetahui proses pembelajaranmenggunakan media gambarpadapelajaran IPA di MI Tarbiatul Islam.2. Untukmengetahuifaktorpendukungdanpenghambatpembelajaranmenggunakan media gambarpadapelajaran IPA di MI Tarbiatul Islam.
penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif, maksudnyaadalah data yang dikumpulkanbukanberupaangka-angkamelainkan data tersebutberupa kata-kata dandokumen yang menunjang. Dalamhalinipenelitiakanmenggunakanjenispenelitianstudikasus. Metodepenelitianstudikasusadalahmenelitisuatukasusataufenomenatertentu yang ada di dalammasyarakat yang di lakukansecaramendalamuntukmempelajarilatarbelakang, keadaan, atauperistiwa yang terjadi.Studikasus di lakukanpadasatukesatuan yang bisaberupasatu program, peristiwa, kegiatanatausekelompokindividu yang adapadakondisitertentu.
Berdasarkanhasilwawancara, observasi, dantelaahdokumen, di peroleh data tentangupayaguru dalammeningkatkanmotivasibelajardenganmenggunakan media gambarpadamatapelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islam denganhasilpenelitiansebagaiberikut :1. Guru melakukanpembelajaranmenggunakan media gambardenganhasilsiswatermotivasisaatmengikutipembelajarandidalamkelasdenganmenggunakan media gambar. 2. factorpenghambatpenggunaan media gambaradalahtidaksemuasiswamemilikitinggakatkecerdasan yang berbedasehinggapembelajaranmasihtidakmaksimal. Adapun factor pendukungnyaadalahdapatmenarikperhatiansiswadandapatmenghilangkankebosanansiswasaatbelajar di dalamkelas.
143706362 | 14 NUR u 362 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain