Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

Universitas Nurul Jadid

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

IMPLEMENTASI MODEL CERAMAH PLUS TANYA JAWAB DAN TUGAS TERHADAP FUNGSI BELAJAR PPKN DI MI IHYAUL ISLAM GUNGGUNGAN LOR PAKUNIRAN

Dokiratul Faizah - Nama Orang;

Model ceramah plus Tanya jawab dan tugas adalah model pembelajaran gabungan. Bukan hanya terdiri dari satu model saja. Gabungan dari model ceramah, Tanya jawab dan tugas. Model ini di lakukan secara tertib sesuai dengan urutan pengkombinasiannya. Yaitu pertama guru menguraikan materi pembelajaran, kemudian memberikan pertanyaan-pertanyaan sesuai materi serta pemberian tugas.
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi ppkn yang berkaitan dengan moral,budi pekerti, tanggung jawab dan disiplin. Berdasarkan latar belakang di atas timbullah identifikasi masalah sebagai berikut, (1) Siswa belum sepenuhnya berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran ppkn (2) Kurangnya pemahaman siswa terhadap pendidikan moral dan budi pekerti yang ada dalam pelajaran ppkn.
Untuk mengetahui jawaban dari permasalahan tersebut maka di gunakan suatu metode penelitian. penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini studi kasus. Peneliti melakukan penelitian secara langsung, obsevasi dan wawancara terhadap Kepala sekolah, guru ppkn, dan kepada siswa di MI Ihyaul Islam Gunggungan Lor Pakuniran.
Hasil dari penelitian tersebut adalah,(1) dengan penggunaan model ceramah plus tanya jawab dan tugas siswa menjadi lebih semangat, focus dalam belajar sehingga dapat menumbuhkan karakter siswa, anak lebih bertanggung jawab dan disiplin menyelesaikan tugas-tugasnya, (2) Kelebihannya model CPTT adalah, siswa lebih konsentrasi mendengarkan pelajaran yang di sampaikan oleh guru. Menjadikan siswa lebih aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru. Adapun kelemahan model ceramah plus Tanya jawab dan tugas ini adalah, keterbatasan waktu karena banyak siswa yang antri dalam menjawab pertanyaan, serta tidak dapat merangkum semua jawaban yang benar bagi siswa yang tingkat kecerdasannya di bawah rata-rata.


Ketersediaan
153070003115 DOK i 031Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15 DOK i 031
Penerbit
PAITON PROBOLINGGO : UNUJA., 2019
Deskripsi Fisik
59 hal.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1530700031
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Model Ceramah plus Tanya Jawab dan Tugas, Fungsi Belajar PPKN.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNUJA berlokasi di Kampus Timur UNUJA - Gedung A Lantai 2.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik