Electronic Resource
IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN kualitas pendidikan DI MTS NURUL JADID KARANG ANYAR PAITON PROBOLINGGO
ABSTRAK
ASY’ARI HASAN.2019. implementasi manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di mts nurul jadid karang anyar paiton probolinggo. Skripsi Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, (UNUJA).paiton probolinggo.
Kata Kunci :
Sarana dan prasarana yang menjadi salah satu unsur sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran, maka perlu adanya pemberdayaan dan pengelolaan supaya tujuan pendidikan dapat tercapai. Tetapi kenyataannya, sarana dan prasarana pendidikan di sekolah tidak dikelola dengan pengetahuan yang cukup, sehingga sering terjadi tidak tepat sasaran dalam pengelolaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang manajemen atau pengelolaan sarana dan prasarana, serta untuk mengetahui implementasi manajemen sarana prasarana dala meningkatkan kualitas pendidikan di mts nurul jadid karang anyar paiton probolinggo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambilobjek penelitian di Mts Nurul Jadid karang anyar paiton probolinggo.terkait optimalisasi manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan adanya perencanaan serta terpenuhinya semua kebutuhan yang digunakan dalam proses pembelajaran maka kualitas pendidikanakan meningkat. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menggambarkan proses pengelolaan sarana dan prasarana, upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. a).Manajemen sarana dan prasarana mts nurul jadid karang anyar paiton probolinggo sesuai dengan fungsi manajemen sarana dan prasarana dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan penghapusan. b). Upaya mengelola manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mts nurul jadid karang anyar paiton probolinggo melakukan beberapa cara yaitu: melengkapi sarana dan prasarana, bekerjasama dengan guru, monitoring dan evaluasi pembelajaran, dan membuat alat peraga sendiri. c). Kualitas pembelajaran mts nurul jadid karang anyar paiton probolinggo meningkat dengan adanya beberapa upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan manajemen sarana dan prasarana hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian delapan Standar Nasional Pendidikan dan perubahan perilaku siswa.
ABSTRAK
ASY’ARI HASAN.2019. implementasi manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di mts nurul jadid karang anyar paiton probolinggo. Skripsi Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, (UNUJA).paiton probolinggo.
Kata Kunci : Manajemen Sarana Prasarana, kualitas
Sarana dan prasarana yang menjadi salah satu unsur sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran, maka perlu adanya pemberdayaan dan pengelolaan supaya tujuan pendidikan dapat tercapai. Tetapi kenyataannya, sarana dan prasarana pendidikan di sekolah tidak dikelola dengan pengetahuan yang cukup, sehingga sering terjadi tidak tepat sasaran dalam pengelolaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang manajemen atau pengelolaan sarana dan prasarana, serta untuk mengetahui implementasi manajemen sarana prasarana dala meningkatkan kualitas pendidikan di mts nurul jadid karang anyar paiton probolinggo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambilobjek penelitian di Mts Nurul Jadid karang anyar paiton probolinggo.terkait optimalisasi manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan adanya perencanaan serta terpenuhinya semua kebutuhan yang digunakan dalam proses pembelajaran maka kualitas pendidikanakan meningkat. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menggambarkan proses pengelolaan sarana dan prasarana, upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. a).Manajemen sarana dan prasarana mts nurul jadid karang anyar paiton probolinggo sesuai dengan fungsi manajemen sarana dan prasarana dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan penghapusan. b). Upaya mengelola manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mts nurul jadid karang anyar paiton probolinggo melakukan beberapa cara yaitu: melengkapi sarana dan prasarana, bekerjasama dengan guru, monitoring dan evaluasi pembelajaran, dan membuat alat peraga sendiri. c). Kualitas pembelajaran mts nurul jadid karang anyar paiton probolinggo meningkat dengan adanya beberapa upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan manajemen sarana dan prasarana hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian delapan Standar Nasional Pendidikan dan perubahan perilaku siswa.
1730500132 | 17 ASY i 132 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain