Electronic Resource
ANALISIS PENERAPAN SISTEM KREDIT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI TOKO BANGUNAN MANDIRI PAITON PROBOLINGGO
ABSTRAK
Firdaus,Lukman. 2019. Analisis Penerapan Sistem Kredit terhadap Loyalitas Konsumen di Toko Bangunan Mandiri Paiton Probolinggo. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid. Pembimbing (1) Achmad Fawaid, M.A, M.A. (2) Abdul Basit, M.Th.I
Kata kunci: Analisis, Sistem Kredit, Loyalitas Konsumen.
Yayasan Nurul Jadid merupakan yayasan yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid yang berlokasi di dusun Karanganyar Lor desa Karanganyar kecamatan Paiton Probolinggo Jawa Timur. Dalam menjalankan aktivitas sehari- sehari dibantu oleh beberapa biro yang ada di pondok pesantren, salah satu biro yang dimaksud ini adalah Biro Pengembangan Masyarakat (BPM) yang dibawahnya terdapat Bidang Usaha yang menangani semua usaha ekonomi milik Pesantren Nurul Jadid, sebagai sumber pendapatan diluar pendapatan rutin yang di peroleh yayasan, unit usaha yang dimaksud ini adalah UD Toko Bangunan Mandiri. Toko Bangunan Mandiri menggunakan banyak metode pelayanan guna untuk menumbuhkan sikap loyalitas konsumen, diantaranya adalah pelayanan pengantaran barang pesanan sampai ketempat tujuan dan metode penjualan secara kredit sistem penjualan secara kredit ini sangat mampu menarik daya belanja para konsumen sehingga menumbuhkan sikap kesetiaan dalam berbelanja.
Rumusan masalah dalam penelitin ini adalah : 1) bagai mana loyalitas konsumen pada Toko Bangunan Mandiri ? 2) bagai mana penerapan sistem penjualan kredit Toko Bangunan Mandiri dalam meningkatkan loyalitas konsumen?
Penelitian ini termasuk dalam kualitatif diskriptif dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi interview dan dokumentasi, sedangkan untuk Analisisnya penulis menggunakan Analisis deskriftif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penjualan kredit yang diterapkan oleh Toko Bangunan Mandiri sudah menggunakan sistem komputerisasi dengan baik penjualan secara kredit ini sangat dominan membantu kepuasan konsumen dalam melakukan perbelanjaan secara ber ulang- ulang, sehingga dapat berpengaruh terhadap pendapatan Toko Bangunan Mandiri.
1520801721 | 15 LUK a 721 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain