Electronic Resource
Penerapan Metode Debat Aktif dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Badridduja Full Day School Kraksaan Probolinggo
Skripsi ini mengkaji tentang Penerapan Metode Debat Aktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Badridduja Full Day School. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Penerapan Metode Debat Aktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) untuk mengetahui factor-faktor pendukung dan penghambat Penerapan Metode Debat Aktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data di dalam penelitian ini adalah terbagi atas dua yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data di tentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan menunjuk langsung informan yang dapat memberikan metode pengumpulan data atau instrument penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Setelah peneliti melakukan proses pengumpulan data, pengolahan dan analisis data maka ditemukan beberapa hasil penelitian yaitu bahwa Penerapan Metode Debat Aktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Badridduja Full Day School yaitu debat aktif dilaksanakan ketika proses belajar mengajar berlangsung, peserta didik mampu belajar dengan aktif dengan adanya metode tersebut, guru ikut serta untuk membimbing dikala debat aktif berlangsung, debat aktif dalam pembelajarn Pendidika Agama Islam sangatlah berkaitan, selanjutnya factor pendukung: adanya kerja sama dengan pihak lembaga dengan peserta didik, peserta didik senantiasa mendapat bimbingan dari lembaga, diadakannya fasilitas khusus debat aktif, di adakannya computer agar mampu mencari referensi di internet secara luas dan hasilnya digunakan untuk debat aktif dalam pembelajaran PAI. Selanjutnya factor penghambat: adanya teman yang mengganggu keaktifan belajar siswa ketika debat berlangsung dan tiadanya buku yang pas khusus debat aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Hasil penelitian ini adalah mendororng para pembina dan peserta didik untuk lebih efektif dan efisien dikala menerapkan debat aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mendorong peserta didik mampu untuk menyampaikan argumentasinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung
1530304592 | 15 SAH p 592 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain