Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MA ISLAMIYAH SYAFI’IYAH PAITON PROBOLINGGO

Sumandi - Nama Orang;

Pengajaran baca Al-Qur’an merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan atau dipelajari oleh setiap orang islam karena merupakan salah satu memahami Al-Qur’an dengan baik.ndan ada kaitannya dengan ibadah ritual seperti, shalat, haji, dan do’a. dalam membaca Al-Qur’an tentunya tidak langsung bisa, akan tetapi harus memiliki tahapan-tahapan. Maka dari itu, dalam pengajran membaca Al-Qur’an juga diperlukan suatu metode yang praktis dan cepat. Metode Qiro’ati merupakan salah satu metode yang secara langsung tanpa dieja dan membiasakan membaca tartil sesuai dengan kaidah tajwid.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana implementasi metode Qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MA Islamiyah Syafi’iyah serta bagaiman kemampuan membaca Al-Qur’an di MA Islamiyah Syafi’iyah.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Subyek penelitian menggunakan purpossive sampling. Dalam menyempurnakan hasil penelitian menggunaka tehnik pengumpulan data berupa obserfasi, interview dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan bagian ahir penguji krebilitas dan peneliti memilih kabsahan data tehnik trigulasi sumber.
Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MA Islamiyah Syafi’iyah dilator belakangi oleh sebagian siswa-siswi yang belum memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar. Adapun tahapan implementasinya sekolah melaksanakan tes kemampuan awal yaitu membaca Al-Qur’an sebagai base line, dilanjudkan dengan mengelompokkan sesuai jilid-jilid berdasarkan kemampun awal. Selanjudnya dilakukan pwmbinaan membaca Al-Qur’an dengan cara menerapkan metode Qiro’ati. Metode ini menggunakan metode klasikal dan indifidual.


Ketersediaan
153030459515 SUM i 595Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15 SUM i 595
Penerbit
PAITON PROBOLINGGO : UNUJA., 2019
Deskripsi Fisik
71 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1530304595
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
implementasi, Metode Qiro’ati, Baca Al-Qur’an
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik