Electronic Resource
MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
SMP Nurul JAdidi merupakan lembaga milik pesantren Nuru Jadid yang berdiri sejak 1 Januari 1950, saat ini lembaga tersebut mengalami perkembangan sangat pesat sehingga banyak alumni pondok pesantren Nurul Jadid ( lukusan SMP dan SMU) banyak dibutuhkan oleh berbagai sector pengabdian dan mampu mengimbangi lulusan luar pesantren.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo, dengan rumusan masalah sebagai berikut (1). Bagaimana perencanaan manajemen perpustakaan di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo? (2). Bagaimana Pengorganisasian Manajemen Perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Nurul Jadid? (3). Bagaimana evaluasi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Nurul Jadid?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perpustakaan dalam meningkatkan mutu Pendidikan di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis study kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapaun untuk menganalisis data menggunakan jenis analisis metode Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verivikasi. Dengan metode tersebut di harapkan mendapatkan data yang akurat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa: 1. Perencanaan manajemen perpustakaan dalam meningkatkan muru pendidikan di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo dilakukan dengan merumuskan tujuan dan fungsi manajemen perpustakaan. Dimana tujuan dan fungsi adalah fasilitas yang memadai yang tersedia di sekolah maka diharapkan siswa dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang posistif dan produktif. 2. Pengorganisasian manajemen perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan ialah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, serta usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya manusia. Sedangkan pengorganisian disini pengorganisasian disini ada dua yaitu: penyusunan program kerja dan pelaksanaan perpustakaan. 3. Evaluasi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah evaluasi yang dilakukan oleh setiap organisasi tentang kegiatan yang sudah di laksanakan oleh lembega tersebut. Sedangkan evaluasi terbagi menjadi dua yaitu: evaluasi internal dan evaluasi eksternal.
1530500040 | 15 HAR m 040 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain