Electronic Resource
PENERAPAN METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS III DI MI ASSUNNIYAH AL-HASANIYAH PAKUNIRAN
ABSTRAK
Abu Sairi (1530700057), Penerapan Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas III Di MI Assunniyah Al-Hasaniyah Pakuniran, Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid (UNUJA) 2018.
Pembimbing (I) Abdullah,M.Pd dan Pembimbing (II) Ainur Rifqi,M.Pd.
Kata kunci: Metode Qiroati, Meningkatkan Membaca Al-Qur’an
Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Qiraati pada siswa kelas III MI Assunniyah Al-Hasaniyah Pakuniran Tahun Pelajaran 2018-2019, Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi metode Qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas III MI Assunniyah Al-Hasaniyah Pakuniran ? 2) Bagaimana implikasi metode Qiraati dalam memperlancar bacaan Al-Qur’an siswa kelas III MI Assunniyah Al-Hasaniyah Pakuniran ?
Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah 1) Untuk mengetahui apakah penerapan metode Qiro’ati dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas III MI Assunniyah Al-Hasaniyah Pakuniran. 2) Untuk mengetahui dampak penerapan metode Qiro’ati apakah dapat memperlancar bacaan Al-Qur’an pada siswa kelas III MI Assunniyah Al-Hasaniyah Pakuniran.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif analytic atau penelitian yang ditunjang dengan data yang diperoleh dari penelitian lapangan (Field Research) atau tindakan kelas.
Dari analisis data didapatkan bahwa Implementasi Metode Qiro’ati pada siswa kelas III MI Assunniyah Al-Hasaniyah Pakuniran ialah: dimulai dengan salam dan membaca do’a sebelum belajar, dilakukan pembagian kelas berdasarkan kelas jilid, diawali dengan penjelasan materi secara klasikal kemudian dilanjutkan dengan kegiatan privat, Evaluasi pembelajaran. Implikasi metode Qiraati pada siswa kelas III MI Assunniyah Al-Hasaniyah Pakuniran ialah: Bacaan siswa menjadi semakin Fasih dan Lancar dalam membaca al-Qur’an , tepat Makharijul hurufnya. serta sesuai Tajwid dan mengikuti Nada Murattal.
1530700057 | 15 ABU p 057 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain