Electronic Resource
PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Guru dalam rangka mengoptimalisasi proses belajar mengajar adalah sebagai fasilitator yang mampu mengembangkan kemauan belajar siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa, mengembangkan kondisi belajar yang relevan agar tercipta suasana belajar secara wajar dengan penuh kegembiraan dan bisa mengadakan pembatasan positif terhadap dirinya sebagai seorang pengajar. Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor atau komponen pendidikan yang sangat menentukan berhasil tidaknya suatu pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa agar lebih aktif pada waktu proses kegiatan belajar mengajar adalah metode pembelajaran Active Learning, dengan adanya penerapan metode pembelajaran Active Learning pada kegiatan belajar mengajar, proses pembelajaran pendidikan agama islam diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik pada mata pelajaran tersebut dan menimbulkan kemampuan yang lebih baik pula. Berdasarkan pemikiran diatas, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai ” Penerapan Metode Pembelajaran Active Learning Dalam Meningkatkan Prestasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo (Kelas VIII).
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana upaya guru dalam menerapkan metode Active Learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Jadid Paiton Probolingo khususnya dikelas VIII dan Seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa setelah menerapkan metode pembelajaran Active Learning pada mata pelajaran PAI di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo khususnya kelas VIII.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah dan guru PAI di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo menjalankan berbagai upaya dalam menerapkan metode pembelajaran Active Learning dengan cara selalu memberikan motivasi belajar kepada siswa, mengadakan interaksi dengan siswa diluar maupun diluar kelas, memberikan tugas individu atau kelompok dan memberikan reward kepada siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah diterapkannya metode pembelajaran Active Learning yang menuntut siswa lebih aktif, dilihat dari hasil rekapitulasi raport siswa kelas VIII pada semester I dan II, dimana pretasi belajar siswa pada semester I masih berada dirata-rata nilai yang harus dicapai oleh siswa dan pada semester ke II mulailah muncul ada peningkatan pada prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
143306181 | 14 MOH p 181 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain