Electronic Resource
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MTS MAMBAUL ULUM SUKODADI PAITON PROBOLINGGO
Sistem pembelajaran di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton masih belum memadai, terutama dalam penggunaan media audio visual terhadap materi pembelajaran Bahasa arab, dimana sebagian guru yang dalam pembelajaran belum menyesuaikan dengan materi yang diajarkannya. Dari observasi yang dilakukan penulis, bahwa masih ada guru di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton yang belum terampil menggunakan media dalam pembelajaran, maka dari itu, penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut. Dengan penggunaan media audio visual ini diharapkan membantu peserta didik peka pada dirinya dan lingkungannya dan secara kreatif dapat mengkontruksi pemahamannya dengan lebih baik sehingga materi pembelajaran bahasa arab dapat dengan mudah diinternalisasikan serta dapat meningkatkan pemahaman peserta didik..
Dari permasalahan tersebut di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya ilmiah (Skripsi) dengan objek penelitian penggunaan Media Audio Visual dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media audio Visual dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo, dan untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan media audio Visual dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut digunakan penelitian kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun hasil penelitian adalah (1) Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab pada siswa di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo yaitu membuat peserta didik lebih Responsif dalam pembelajaran dan peserta didik dapat mengetahui hal yang konkrit serta realitas sebenarnya.(2) Hasil penggunaan Media Audio Visual pada mata pelajaran bahasa arab di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo sudah cukup memuaskan, nilai yang didapatkan siswa 98% sudah di atas keteri ketuntasan minimum (KKM). penggunaan Media Audio Visual memiliki nilai positif terhahadap pembelajaran bahasa arab di MTs. Mambaul Ulum. Nilai siswa makin bertambah baik dan keaktifan siswa semakin meningkat (3) Adapun Faktor pendukung penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa arab di MTs. Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo adalah tersediannya sarana dan prasana yang memadai, kemampuan guru dalam IT. Sedangkan faktor penghambat yaitu keterbiasaan siswa dengan model pembelajaran yang lama, kurangnya alokasi waktu.
1530600554 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain