Electronic Resource
PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRODAT BAHASA ARAB (Studi Kasus DI SMP ISLAM DARUSSALAM AS-SAKDIYAH TONGAS)
SMP Islam Darussalam Assakdiyah merupakan sekolah menengah pertama yang mempunyai peserta didik yang kualitas akademik dan non akademik. Sekolah tersebut sampai saat ini metode dalam pembelajaran bahasa arab masih menggunakan metode lama dalam hafalan sehingga siswa sulit untuk membaca apalagi untuk menghafal mufrodat. Dengan metode lama banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran Bahasa Arab sehingga malas untuk belajar bahasa arab dan sangat sulit untuk berbicara bahasa arab
Dari permasalahan di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya tulis ilmiah (Skripsi) dengan objek penelitian Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Hafalan Mufrodat Bahasa Arab Siswa SMP Islam Darussalam Assakdiyah Tongas dan apa saja faktor pendukung dan penghambat Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Hafalan Mufrodat Bahasa Arab Siswa SMP Islam Darussalam Assakdiyah Tongas . Tujuan penelitian ini Untuk mengtetahui bentuk-bentuk metode lagu dalam meningkatkan hafalan mufrodat bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan menghafal dan berbicara bahasa Arab di SMP Islam Darussalam As-Sakdiyah Tongas Probolinggo yang dapat direalisasikan dan Untuk mengetahui Bagaimana hasil penerapan metode lagu dalam meningkatkan hafalan mufrodat bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan menghafal dan berbicara bahasa Arab di SMP Islam Darussalam As-Sakdiyah Tongas Probolinggo.
Untuk menjawab permasalahan di atas digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis dan interpretasi data, peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan data
Maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Hafalan Mufrodat Bahasa Arab Siswa SMP Islam Darussalam Assakdiyah Tongas yang ditempuh dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap peserta didik SMP Islam Darussalam Assakdiyah yang ditujukan untuk Meningkatkan Hafalan Mufrodat Bahasa Arab. Dan faktor pendukung dukungan kepala sekolah, fasilitas yang memadahi, dan model pembelajaran guru yang menarik. di dalam proses Penerapan Metode Bernyanyi ialah suasana dan model pembelajaran guru yang menarik. Serta faktor penghambatnya ialah gangguan gejdet ketika pulang dari Sekolah menghambat proses hafalan siswa, dan pengaruh teman terhadap hafalan.
1530600563 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain