Electronic Resource
IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH SYAFI'IYAH SUMBERANYAR PAITON PROBOLINGGO
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bagaimana Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab Santri Madrasah Diniyah Awwaliyah Syafi’iyah Pondok Pesantren Islamiyah Syafi’iyah Suberanyar Paiton Probolinggo Tahun Ajaran 2018-2019. dan, (2) mengetahui faktor pendukung serta penghambatnya penerapannya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan “Field Research”, dengan mengambil latar belakang Madrasah Diniyah Awwaliyah Syfi’iyah Pondok Pesantren Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Paiton Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, dan trianggulasi. Data yang terkumpul dikelompokkan dengan cara memilah dan memilih data yang akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara membandingkan data observasi, wawancara, dan data hasil dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab Santri Madrasah Diniyah Awwaliyah Syfi’iyah Pondok Pesantren Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Paiton Probolinggo dalam meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab pada santri dilalui dengan beberapa langkah: (1) Guru menyuruh peserta didik untuk berbicara bahasa indonisia yang akan diterjemah oleh guru kedalam bahasa Arab; (2) Guru menyuruh peserta didik untuk mengulaginya apa yang guru katakan sambil menghafal; (3) Guru menyuruh peserta didik untuk menulisnya apa yang ada dihafal untuk di praktekan dan di analisa bentuk bahasa tersebut. (4) Guru menyuruh siswa untuk berbicara bebas dengan guru atau siswa lain; (4) guru membagi peserta didik menjadi beberapa kolompok; (5) guru duduk bersama peserta didik setengah lingkaran, lalu guru menanyakan kepada mereka dengan menggunakan bahasa indonisia tentang pendapat mereka tentang pengalaman belajar mereka yang telah dilalui. Adapun faktor pendukungnya: (1) Tersedianya buku, (2) medote yang dipraktekan sangat mudah; (3) Latar belakang siswa madrasah; (4) keberanian mengucapkan meskipun salah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (1) Background,; (2) tidak ada lingkungan bahasa Arab ; (3) kurangnya media pembelajaran. (4) Kurangnya waktu KBM
1530600550 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain