Electronic Resource
Penerapan Metode Al-Ghoyah dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Darul Akhlak Desa Ambulu Kec. Sumberasih Kab. Probolinggo
ABSTRAK
RODIAH,2019, Penerapan Metode Al-Ghoyah Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Darul Akhlak Ds. Ambulu Kec. Sumberasih Kab. Probolinggo Tahun Pelajaran 2018-2019.
Kitab kuning merupakan kekhasan pesantren sebagai salah satu institusi pendidikan islam, atau sebagai andalan dalam kancah pendidikannya. Dalam penerapan kitab kuning itu terdapat beberapa metode untuk menguasai dan memahami pembelajaran kitab kuning. Metode yang paling umum dalam pembelajaran kitab kuning adalah metode sorogan dan wetonan. Akan tetapi di Pondok Pesantren Darul Akhlak menggunakan metode yang dikenal dengan Metode Al-Ghoyah.
Berdasarkan keterangan diatas, peneliti tertarik untuk meneliti metode baru, dengan membuat judul “Problematika penerapan Metode Al-Ghoyah Dalam Pembelajaran Kitab Kuning “Di Pondok Pesantren Darul Akhlak Desa Ambulu Kec. Sumberasih Kab. Probolinggo Tahun Ajaran 2018-2019”
Dari pemaparan diatas maka penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Bagaimana penerapan metode Al-Ghoyah dalam pembelajaran kitab kuning Di Pondok Pesantren Darul Akhlak dan 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya Penerapan Metode Al-Ghoyah dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Akhlak Desa Ambulu Kec. Sumberasih Kab. Probolinggo Tahun Ajaran 2018-2019”?
Sesuai dengan rumusan masalah sebagaimana dikemukakan diatas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1. Menyelesaikan secara deskripsi penerapan Metode Al-Ghoyah dalam pembelajaran kitab kuning Di Pondok Pesantren Darul Akhlak dan 2. Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya Penerapan Metode Al-Ghoyah dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Darul akhlak Desa Ambulu Kec. Sumberasih Kab. Probolinggo Tahun Ajaran 2018-2019”
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, Sedangkan jenis penelitianya adalah deskriptif. Dalam pengumpulan data dengan menggunakan metode pengamatan/observasi, wawancara, dokumentasi. Data-data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa data deskriptif (pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka). Pada tahap pengelolaan data, data-data yang telah diperolehnya, di atur, diurutkan, dikelompokkan dengan memberinya kode dan mengkategorikannya.. Tahap terakhir yang merupakan buah jerih payah peneliti ialah pada tahap penulisan laporan, berikut peneliti susun : judul laporan, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, tubuh laporan, kesimpulan, lampiran-lampiran dan kepustakaan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1), Metode cepat dalam memahami atau membaca Kitab Kuning dalam waktu 20 hari (2), Penerapan metode yang tidak sulit diterima oleh santri pondok pesantren darul akhlak.
1630304833 | 16 ROD p 833 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain