Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

Universitas Nurul Jadid

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

Upaya Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Baca Al-Qur'an melalui Metode Tilawatil Di MTs Miftahul Jannah Rawan Selatan-Besuki Tahun Pelajaran 2019/2020

Sufiyatin - Nama Orang;

Berdasarkan observasi awal terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di MTs miftahul jannah , yang pertama, sebagian peserta didik masih banyak yang belum bisa baca Al-qur’an, kedua, kurangnya minat peserta didik ketika mengikuti pelajaran seni baca tulis Al-qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an di MTs Miftahul Jannah, 2) Penerapan metode tilawati dalam proses pembelajaran baca al-Qur’an, 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat terhadap guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di MTs Miftahul Jannah.
Maka dari itu, jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk analisis, peneliti menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an terhadap persera didik adalah melalui penerapan metode tilawati, tadarus Al-qur’an setiap pagi, sabar dan telaten, memberikan motivasi kepada siswa. 2) Model penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di MTs Miftahul Jannah antara lain: a) perencanaan, b) materi, c) metode, d) alat pembelajaran, e) penilain, dan f) langkah-langkah pembelajaran. 3) Faktor pendukung terhadap guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di MTs miftahul Jannah, yaitu kebijakan kepala sekolah yang cukup mendukung, guru yang berlatar belakang khusus pendidikan islam, motivasi guru yang tinggi, serta sarana dan prasaran yang cukup lengkap. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, perbedaan tingkat pemahaman siswa yang berkemampuan rendah dan tinggi, motivasi belajar siswa yang kurang keterbatasan waktu, dan kurangnya perhatin orang tua dalam hal belajar al-Qur’an.


Ketersediaan
153030467615 SUF u 676Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15 SUF u 676
Penerbit
PAITON PROBOLINGGO : UNUJA., 2019
Deskripsi Fisik
66 hal.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1530304676
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
, Kemampuan Membaca al-qur’an, metode tilawati.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNUJA berlokasi di Kampus Timur UNUJA - Gedung A Lantai 2.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik