Electronic Resource
Penerapan Strategi Modeling Partisipan Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Pengamalan Pembelajaran Akhlak Di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Tahun 2018-2019
Suasana religius di lingkungan pondok pesantren menjadi salah satu tolak ukur pendidikan agama dapat diajarkan dengan baik di lembaga tersebut. Dalam hal ini strategi pembelajaran terutama pada materi akhlak dalam penerapannya guru menyesuaikan dengan materi dan kebutuhan siswa, dan berupaya agar strategi yang digunakan dapat memberikan pemahaman dan berusaha mengajak mempraktekkannya sehingga tujuan pembelajaran mudah dicapai. Salah satu model atau metode pembelajaran yang diterapkan di Lembaga Madrasah Aliyah Nurul jadid adalah Strategi Modeling Partisipant.
Dari permasalahan di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti untuk mengkaji lebih dalam persoalan tersebut dalam bentuk karya ilmiah dengan objek penelitian strategi modeling partisipant yang telah di terapkan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi modeling partisipant dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan pembelajaran akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Jadid.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini guru akhlak dan siswa di Madrasah Aliyah Nurul jadid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat, sehingga akan dapat menggambarkan realitas sebenarnya.
Hasil dari penelitian skripsi menunjukkan bahwa strategi pembelajaran modeling partisipant dapat meningkatkan pemahaman siswa serta lebih percaya diri untuk mengemukakan pendapat dan mempraktekkan di depan kelas.
1530304628 | 15 AIN p 628 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain