Electronic Resource
Penerapan Metode Audio-Lingual terhadap peningkatan Maharah Kalam Santri Wilayah Fathimatuzzahro’ Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019
ABSTRAK
A. Hariyanto, 2019. Penerapan Metode Audio-Lingual Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Santri Wilayah Fathimatuzzahro’ Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci. Penerapan, Audio-Lingual, Maharoh Kalam
Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh adanya proses pembelajaran bahasa asing yang menggunakan metode Audio-Lingual yang dirasa sesuai untuk diterapkan disebuah lembaga pengembangan bahasa arab di Indonesia khususnya di Fathimatuzzahro’. Metode Audio-Lingual ini merupakan sebuah metode yang pelaksanaannya terfokus pada kegiatan latihan, drill, menghafal kosa kata, dialog yang didengar melalui audio. Sehingga dalam praktiknya siswa diajak belajar tanpa harus mendatangkan native langsung. Oleh sebab itu metode ini layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran yang ada di Fathimatuzzahro’ Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah. 1). Bagaimana Penerapan Metode Audio-Lingual Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Santri Wilayah Fathimatuzzahro’ Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019. 2). Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Metode Audio-Lingual dalam Peningkatan Maharah kalam Santri Wilayah Fathimatuzzahro’ Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif. Menetapkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan.
Dalam penerapan metode Audio-Lingual untuk Meningkatkan Maharah Kalam Santri Wilayah fathimatuzzahro’ Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019. Sangat baik dan bagus, dan Bisa di katakana berhasil, keberhasilan itu bisa di diketahui bahwasanya peserta didik lebih terbiasa menggunakan bahasa arab yang baik dan benar dalam percakapan sehari-hari sebagaimana yang digunakan oleh orang Arab karena dalam metode ini lebih menekankan pada latihan penerapan bahasa yang didengar dari audio.
133606116 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain