Electronic Resource
PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TLOGOSARI BONDOWOSO
Dalam proses pembelajaran yang ada di SMP Negeri 1 Tlogosari
khususnya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, pendidik masih
menggunakan metode ceramah. Hal ini yang menyebabkan peserta didik kurang
memperhatikan dan merasa bosan akan penyampaian materi pembahasan yang
terlalu monoton. Selain itu kurangnya metode mengajar yang dimiliki oleh
pendidik akan sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Oleh
karena itu, guru hendaklah lebih cermat dalam memilih dan menggunakan metode
mengajar yang sesuai dengan materi pelajaran dan bisa menarik minat belajar
siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keinginan atau motivasi
belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan dengan adanya
strategy active learning ini bisa mempermudah guru untuk meningkatkan
keinginan belajar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif
analisis. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis dedukatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Active
Learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Tlogosari
dengan menggunakan dcara diskusi kelompok. Dan faktor pendukung penerapan
Active Learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1
Tlogosari ialah siswa memiliki motivasi dalam belajar serta adanya media
pembelajaran yang memadai, sedangkan faktor-faktor yang menghambat antara
lain guru kesulitan dalam menghadapi perbedaan indvidu peserta didik dan
kurangnya alokasi waktu pembelajaran.
143306150 | 14 AND p 150 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain