Electronic Resource
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE PADA MATERI NAHWU DALAM MENINGKATKAN MAHAROH QIRO’AH MAHASANTRI TINGKAT TAMHIDIYAH DI MA’HAD ALY NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2018-2019
Pendidikan yang baik berusaha membawa semua anak didik kepada tujuan itu (memperoleh ilmu pengetahuan). Apa yang diajarkan oleh pendidik hendaknya dipahami peserta didik. Adapun tujuan guru mengajar adalah agar bahan yang diajarkan oleh guru dapat dikuasai sepenuhnya oleh peserta didik. Improve merupakan pengemasan model pembelajaran yang berinteraksi antar teman sebaya dan kegiatan yang sistematik dari umpan balik serta pengayaan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif. Menetapkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber di luar data tersebut sebagai bahan perbandingan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran Improve di Marhalah Tamhidiyah sangat efektif, dengan pengemasan metode belajar yang bermacam-macam yang berperan sebagai penunjang atau faktor pendukung atas tercapainya tujuan pembelajaran.
Menggunakan metode pembelajaran yang tentunya lebih menuntut kepada mahasantri untuk memberi dari pada menerima yakni sorogan, bandongan, lalaran dan diskusi, taktik dan demonstrasimerupakan upaya para pengajar di tamhidiyah dalam meningkatkan maharah qira’ah. Sehingga meski tanpa dibimbing secara intens, mahasantri bisa bernalar terhadap pemahaman yang sedang ia pelajari. Sehingga besar kemungkinan ketuntasan belajar akan lebih cepat tercapai.
1530600584 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain