Electronic Resource
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Dengan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Pada Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tahdzibun Nasyiin Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019
Salman Alfarisi (NPM : 15307 00043), Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Dengan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Pada Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tahdzibun Nasyiin Desa Sogaan Kec. Pakuniran Kab. Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid (UNUJA) 2018. Pembimbing Abdullah,M.Pd dan Ainur Rifqi,M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Metode TGT
Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan hasil belajar Matematika materi perkalian dengan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Pada Kelas III MI. Tahdzibun Nasyiin Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apakah penerapan metode pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III MI Tahdzibun Nasyiin? 2. Apakah penerapan metode pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat memenuhi target pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika materi perkalian pada siswa kelas III MI. Tahdzibun Nasyiin?
Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah 1. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dengan penerapan metode pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas III MI. Tahdzibun Nasyiin. 2. Untuk memenuhi target pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran matematika materi perkalian dengan penerapan metode pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas III MI Tahdzibun Nasyiin.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MI Tahdzibun Nasyiin dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung perkalian pada siswa kelas III. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika pada setiap siklus. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari Pra Siklus ke Siklus I yaitu 23,21 dengan nilai rata-rata Pra Siklus 43,63dan Siklus I 66,84. Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 12,10 dari nilai rata-rata 66,84 menjadi 78,94. Siklus III dihasilkan nilai rata-rata 88,42 dengan peningkatan sebanyak 9,48 dari Siklus II. Serta dapat memenuhi target pencapaian KKM 85% pelajaran matematika operasi hitung perkalian pada siswa kelas III. Hal ini dibuktikan dengan adanya capaian presentase hasil belajar matematika yang secara klasikal sudah melampaui batas ketuntasan yang terbukti pada hasil Siklus III. Yakni siswa yang tuntas sebanyak 17 anak dengan persentase ketuntasan sudah melampui batas pencapaian secara klasikal yaitu 89%.
1530700043 | 15 SAL p 043 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain