Electronic Resource
IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT MODEL PFDCAD DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MANBAUL ULUM
On 21th century which competition and evaluation happen every time all over
the world. Consequently, pesantren or islamic collage could not deny and should do
it. One of its strategies is implemetation of Total Quality Management with PFDCAD
model to increase the quality of its education. This research use qualitativedescriptive methode with interview, observation and documentation as intrument to
collect data. And the result of the research is implementation of Total Quality
Management with PFDCAD model to increase the quality of pesantren’s education by
criteria i.e focus on costumer satisfaction, management based on fact, covered all
people and periodic evaluation.
Pada abad 21 dimana persaingan dan perbaikan setiap saat secara terus
menerus merupakan sebuah tuntutan, maka pesantren sebagai salah satu lembaga
pendidikan Islam harus menghadapi persaingan dan perbaikan itu. Salah satunya
dengan strategi implementasi Total Quality Management model PFDCAD dengan
tujuan meningkakan mutu pendidikannya. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif-deskriptif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai instrumen
pengumpul datanya. Dan adapun hasil penelitiannya dalam konteks pondok pesantren
Manbaul Ulum, Total Quality Management model PFDCAD diimplementasikan
dengan kriteria fokus pada customer, manajemen berdasar fakta, melibatkan semua
orang dan perbaikan secara terus-menerus.
1530500047 | 15 LAI i 047 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain