Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

IMPLEMENTASI METODE WAHDAH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADIST MTs NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2018-2019

Qurrotul Uyun - Nama Orang;

Dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan suatu usaha yang dilakukan secara sadar untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik yang bertujuan untuk mencapai kesempurnaan dan kedewasaan pada peserta didik. Pembelajaran akan terasa efektif, jika guru memperhatikan atau merencanakan metode dan strategi-strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajran yang ingin di capai.
Metode wahdah adalah menghafalkan Al-Qur’an dengan cara satu persatu terhadap ayat yang hendak dihafal secara berurutan dan tidak beralih ke ayat berikutnya sampai benar-benar hafal. Tidak sedikit dari peserta didik yang mengeluhkan tentang sulitnya menghafal Al-Qur’an, itu disebabkan banyaknya peserta didik yang belum mengetahui tentang metode-metode yang dapat digunakan dalam menghafal Al-Qur’an.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif. Menerapkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode wahdah terbukti efektif dalam menghafal Al-Qur’an, terbukti dari beberapa peserta didik yang menggunakan metode wahdah membutuhkan waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan metode lainnya. Seorang peserta didik tidak hanya mengandalkan upaya-upaya peningkatan mutu yang ada di madrasah melainkan peserta didik itu sendiri yang membuat target-target pencapaian agar hafalan lancar dan kuat.


Ketersediaan
1530304644Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15 QUR i 644
Penerbit
: ., 2019
Deskripsi Fisik
102
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Kata Kunci: Implementasi Metode Wahdah, Meningkatkan Hafalan
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik