Electronic Resource
IMPLEMENTASI METODE WAHDAH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADIST MTs NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2018-2019
Dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan suatu usaha yang dilakukan secara sadar untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik yang bertujuan untuk mencapai kesempurnaan dan kedewasaan pada peserta didik. Pembelajaran akan terasa efektif, jika guru memperhatikan atau merencanakan metode dan strategi-strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajran yang ingin di capai.
Metode wahdah adalah menghafalkan Al-Qur’an dengan cara satu persatu terhadap ayat yang hendak dihafal secara berurutan dan tidak beralih ke ayat berikutnya sampai benar-benar hafal. Tidak sedikit dari peserta didik yang mengeluhkan tentang sulitnya menghafal Al-Qur’an, itu disebabkan banyaknya peserta didik yang belum mengetahui tentang metode-metode yang dapat digunakan dalam menghafal Al-Qur’an.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif. Menerapkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode wahdah terbukti efektif dalam menghafal Al-Qur’an, terbukti dari beberapa peserta didik yang menggunakan metode wahdah membutuhkan waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan metode lainnya. Seorang peserta didik tidak hanya mengandalkan upaya-upaya peningkatan mutu yang ada di madrasah melainkan peserta didik itu sendiri yang membuat target-target pencapaian agar hafalan lancar dan kuat.
1530304644 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain