Electronic Resource
penerapan diskusi Buzz group dalam pembelajaran akidah akhlak untuk meni9ngkatkan semangat belajar siswa di madrasah aliyah nurul jadid
Pembelajaran merupakan suatu tindakan yang ditandai dengan adanya perubahan dalam diri seseorang. Dimana perubahan tersebut merupakan hasil dari serangkaian tindakan yang dapat ditaidai dalam bentuk seperti perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap, tingkah laku, kecakapan dalam berpendapat, keterampilan dan kemampuan serta perubahan. Penelitian disini bertujuan untuk menganalisis tentang Penerapan Metode Diskusi Buzz Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Nurul Jadid (MANJ) Paiton Probolinggo.
Fokus penelitian yang diteliti di Madrasah Aliyah Nurul Jadid dalam skipsi ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Metode Diskusi Buzz Group pada Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo, 2) Seberapa Besar Peningkatan Semangat Belajar Siswa pada Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Jadid untuk menerapkan metode Diskusi Buzz Group untuk meningkatkan semangat belajar.
Jenis peneliti ini adalah deskriptif kualitatif yaitu peneliti yang bersifat menggambarkan, mengumpulkan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung (observasi) dengan data hasil wawancara dan hasil yang berkaitan.
Metode diskusi diterapkan sebagai metode yang dapat digunakan guru untuk mengatasi kesulitan belajar mengajar di kelas. Kejenuhan siswa terhadap bahan atau materi yang disampaikan guru muncul karena kurang menariknya metode mengajar yang diterapkan guru, bahkan terkesan monoton, ngantuk dan jenuh. Maka di terapkanlah metode Diskusi Buzz Group ini untuk merangsang siswa dalam belajar dan berpikir secara kritis dan mengeluarkan pendapatnya secara rasional. Menggunakan metode Buzz Group berdasarkan data di lapangan ternyata memang dapat meningkatkan semangat belajar khususnya pada pelajaran aqidah akhlak,, bukti semangatnya dalam bentuk perilaku mereka lebih antosias belajarnya makin aktif dalam berdiskusi, kalau menggunakan Metode Diskusi itu seakan-akan kalian menjadi pabrik speking (ngomong didepan orang banyak), berangkat dari kaksus-kasus yang bersifat khusus berdasarkan pengalaman yang nyata yang meliputi ucapan, prilaku, subyek penelitian dan situasi lapangan peneliti.
1530304619 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain