Electronic Resource
IMPLEMENTASI AT-THORIQAH AL-MUBASYARAH DALAM MENINGKATAN MAHARAH AL-KALAM SISWA MADRASAH ALIYAH PLUS AL-MASDHUQIAH KRAKSAAN PROBOLINGGO
PenulisanSkripsi tentang Implementasi At-Thoriqah Al-Mubasyarah Dalam Meningkatkan Maharah Al Kalam Siswa Madrasah Aliyah Plus Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggoini ingin mengungkapkan Bagaimana implementasi at-thoriqah al-mubasyarah dalam meningkatkan Maharah Al -Kalam siswa MA Plus Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggo? Faktorapasajakah yang mendukungdanmenghambat proses pembelajaranbahasa Arab di MA Plus Al-Mashduqiahdenganmenggunakanat-thoriqah al-mubasyarah?.
Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganpendekatanfenomenologis di MA PlusAl-MashduqiahPatokanKraksaanProbolinggo. Sumber data penelitianinimeliputi orang, tempat, kegiatan-kegiatan, dokumen-dokumen, danmateri-materi visual yang memberikaninformasidalammasalah yang diteliti. Adapunpengumpulan data melalui proses observasi, wawancaramendalam, pengamatandokumen, dantelaahmateri visual. Sementaraanalisis data dilakukanselamadan proses pengumpulan data.
HasildaripenelitianinimenunjukkanbahwaImplementasiat-thoriqah al-mubasyarahdalammeningkatkanMaharah Al - Kalamsiswa MA Plus Al-MashduqiahKraksaanProbolinggoterlaksanadenganbaik, Hal itubisaterlihat: 1) komunikasimenggunakanbahasa Arab antarwarga MA Plus Al-Mashduqiahberjalandenganbaik di lingkungan MA Plus Al-Mashduqiah, 2) tujuanpembelajaranbahasa Arab di MA Plus Al-Mashduqiahadalahmempermudahsiswadalammenguasaibahasa Arab yang diawalidenganpembiasaanberkomunikasidenganbahasa Arab, dan 3) bentukimplementasiat-thoriqah al-mubasyarahdi MA Plus Al-Mashduqiahberjalansecarabertahap; pertama, dilakukanpenguasaankosa-kata. Kedua, pemanfaatanwasail al-ildah. Ketiga, praktiklangsungdengancara dialog pendek.
Adapunfaktorpendukungdanpenghambat proses pembelajaranbahasa Arab di MA Plus Al-Mashduqiahdenganmenggunakanat-thoriqah al-mubasyarahantara lain: 1) faktorpendukung: a) guru di MA Plus Al-Mashduqiahmemiliki skill / kemampuanberkomunikasidenganbahasa Arab secaraaktif, 2) lingkungansangatmendukungterciptanyasuasananyamanuntukmempraktikkanpembelajaranbahasa Arab menggunakanat-thoriqah al-mubasyarah, dan c) kebijakanpesantren yang mewajibkansemuasantriberbahasaasing. 2) faktorpenghambat: a) latarbelakangsiswabarudan b) keterampilanberbahasa Arab secaraaktiftidakdimilikisemua guru.
1530600557 | 15 ZAI i 557 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain