Electronic Resource
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Tulisan ini ingin menelaah tentang penerapan model pembelajaran cooperative model jigsaw pada proses pembelajaran PAI di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara, studi ini ingin mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran cooperative learning model jigsaw pada proses pembelajaran PAI terhadap keaktifan peserta didik SMP Nurul Jadid. Dari wawancara tersebut didapat hasil bahwasannya penerapan model pembelajaran cooperative learning model jigsaw pada proses pembelajaran PAI, dirasa berdampak baik bagi proses pembelajaran PAI terhadap keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PAI. Bukan hanya berdampak pada keaktifan peserta didik namun juga pada diri peserta didik sendiri karena secara tidak langsung dalam penerapan model cooperative learning model jigsaw pada proses pembelajaran PAI, juga melatih peserta didik dalam hal keberanian mengemukakan pendapat atau berbicara di depan umum dan juga peserta didik tidak akan cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran karena model pembelajaran jigsaw ialah model pembelajaran yang mengharuskan peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran. Namun penerapan model jigsaw pada pembelajaran cukup memerlukan banyak waktu dalam penerapannya, hal ini terkadang menyita waktu untuk evaluasi di akhir pembelajaran. Implikasi studi ini terkait dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning model jigsaw pada proses pembelajaran PAI, dirasa baik untuk diterapkan pada proses pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi menarik dan peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.
1530304606 | 15 IND p 606 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain