Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

Universitas Nurul Jadid

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

Indah Zain Qolbiyah - Nama Orang;

Tulisan ini ingin menelaah tentang penerapan model pembelajaran cooperative model jigsaw pada proses pembelajaran PAI di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara, studi ini ingin mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran cooperative learning model jigsaw pada proses pembelajaran PAI terhadap keaktifan peserta didik SMP Nurul Jadid. Dari wawancara tersebut didapat hasil bahwasannya penerapan model pembelajaran cooperative learning model jigsaw pada proses pembelajaran PAI, dirasa berdampak baik bagi proses pembelajaran PAI terhadap keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PAI. Bukan hanya berdampak pada keaktifan peserta didik namun juga pada diri peserta didik sendiri karena secara tidak langsung dalam penerapan model cooperative learning model jigsaw pada proses pembelajaran PAI, juga melatih peserta didik dalam hal keberanian mengemukakan pendapat atau berbicara di depan umum dan juga peserta didik tidak akan cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran karena model pembelajaran jigsaw ialah model pembelajaran yang mengharuskan peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran. Namun penerapan model jigsaw pada pembelajaran cukup memerlukan banyak waktu dalam penerapannya, hal ini terkadang menyita waktu untuk evaluasi di akhir pembelajaran. Implikasi studi ini terkait dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning model jigsaw pada proses pembelajaran PAI, dirasa baik untuk diterapkan pada proses pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi menarik dan peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.


Ketersediaan
153030460615 IND p 606Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15 IND p 606
Penerbit
PAITON PROBOLINGGO : UNUJA., 2019
Deskripsi Fisik
105 hal.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1530304606
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Pembelajaran Cooperative Model Jigsaw, Pendidikan Agama Islam (PAI), SMP Nurul Jadid
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNUJA berlokasi di Kampus Timur UNUJA - Gedung A Lantai 2.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik