Electronic Resource
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERY ONE IS TEACHER HERE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DIMADRASAH STANAWIYAH MIFTAHUL ULUM GUNUNG GENI BANYUANYAR PROBOLINGGO
Kemampuan pemahaman ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa diduga kurang optimal. Salah satu penyebabnya diduga karena guru di sekolah cenderung menggunakan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) secara konvensional dan kurangnya motivasi siswa yang membuat siswa tidak terlihat aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih berpusat kepada siswa dan sesuai dengan kondisi siswa, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Tujuan dalam penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui: (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran aktif tipe every one is teacher here terhadap motivasi belajar siswa di MTS miftahul ulum di desa gunung geni? (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran aktif tipe every one is teacher here terhadap motivasi belajar siswa di MTS miftahul ulum?penelitian analisis berdasarkan pada pengumupulan data yang dilakukan dengan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-VIII tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 60 sample (siswa). Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, instrumen tes berupa soal. dan instrumen nontes berupa skala sikap. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, maka diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan kemampuan pemahaman Ilmu Pengetahuan Sosial siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kemampuan pemahaman ilmu pengetahuan sosial siswa yang mengalami peningkatan. Selain itu juga, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran model Everyone Is A Teacher Here meningkat dengan persentase rata-rata sebagai berikut : a. Diperoleh tes awal (pretes) dari 60 sampel yang dapat mencapai kkm hanyalah 33 % atau 20 siswa sedangkan 67 % atau 40 siswa tidak tuntas. b. setelah melakukan perbaikan di segala aspek diperoleh nilai post test yaitu 48 siswa telah mencapai kkm 85 % siswa dinyatakan sukses (Tuntas), sedangkan 12 siswa tidak tuntas 15 % . dalam penelitian ini metode yang digunakan guru every one is teacher here berpengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan siswa pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) .
143306227 | 14 WIN p 227 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain