Electronic Resource
Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)Berbasis Ekonomi Kreatif Pada Perusahaan Piring Lidi 2019 Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Ibu Khumairoh Pengusaha Piring Lidi)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya persaingan antar pengusaha khususnya dalam
menarik minat konsumen terhadap produk sehingga dapat meningkatkan daya saing bisnisnya.
Salah satu cara adalah menerapkan strategi pengembangan usaha. Strategi pengembangan usaha
harus disusun secara efektif guna meningkatkan keunggulan kompetitif di suatu perusahaan.
Perusahaan harus mampu menciptakan strategi yang tepat sebagai prioritas utama pada usaha yang
dijalankan agar tetap menjaga eksistensi perusahaan.Fokus dalam penelitian ini adalah (1) mengenai
strategi yang dilakukan oleh Ibu Khumairah dalam mengembangkan UMKM berbasis ekonomi
kreatif, (2) hasil yang dicapai dari pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif olehIbu
Khumairah.Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif yang menggunakan
pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode
wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi
Pengembangan Usaha yang digunakan perusahaan piring lidi ibu Khumairah diantaranya dengan
melakukan pengembangan produksi, pengembangan pemasaran, pengembangan sumber daya
manusia, (2) strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan piring lidi ibu Khumairah sudah
cukup efektif dilihat dari peningkatan jumlah produksi dan jumlah penjualan dari tahun ke tahun.
1520801882 | 15 ULF s 882 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain