Electronic Resource
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS ANDROID TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 1 PROBOLINGGO
ABSTRAK
SUHARTATIK. 2019. Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Negeri 1 Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing: (1) Dr. Sulton Firdaus,M.Pd, (2) Muallim Wijaya, M.Pd.I
Fiqih adalah salah satu bidang ilmu dalam syari’at Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bemasyarakat, maupun kehidupan manusia dengan tuhanNya. Salah satu yang dibahas dalam fiqih yaitu materi thaharah. Di MTs Negeri 1 Probolinggo dilakukan uji coba dalam penggunaan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran fiqih. Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran fiqih adalah sebuah media berbentuk aplikasi yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran yang menjelaskan tentang materi thaharah dalam melaksanakan ibadah. Untuk itu dibutuhkan pengembangan media aplikasi thaharah yang lebih kompleks yang bersumber pada fiqih Islam, dimana menurut fiqih Islam dijelaskan thaharah secara rinci, jelas, dan benar dngan melibatkan pendapat dari beberapa madzhab Berkaitan dengan ini, dilakukan penelitian yang memfokuskan pada dua persoalan, yaitu: pertama, Bagaimana implementasi media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran fiqih terhadap prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Probolinggo?. Kedua, Adakah efektivitas media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran fiqih terhadap prestasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Probolinggo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian Kuantitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan tes. Hal ini diharapkan dapat mengungkap kenyataan-kenyataan yang ada dilapangan secara luas dan mendalam, sehingga dapat ditarik kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan. Adapun penentuan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik random Sampling meliputi siswa kelas VII A ITMTs Negeri 1 Probolinggo. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Paired Sample T-test. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa thitung = -18.378 dengan signifikansi = 0.000 < 0,01. Dengan kata lain bahwa H1 diterima dan H0 ditolak dengan kata lain bahwa media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran fiqih secara meyakinkan efektiv dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
1530304652 | 15 SUH e 652 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain