Electronic Resource
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
ABSTRAK
Nafi’ah, Siti, 2019, Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing: 1. Dr. Umar Mansur, MA. 2. Moh Ulum, Mpd.i
Dalam meningkakan kualitas pembelajaran didalam kelas, guru diharapkan menggunakan model pembelajaran yang tepat, karena selama ini guru belum menggunakan suatu model pembelajaran yang mampu menumbuhkan motivasi peserta didik, sekaligus melatih keberanian peserta didik dalam presentasi yaitu melalui model Make A Match merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa secara keseluruhan. Penerapan model make a match, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bekerja sama dengan siswa lain dalam tugas-tugas yang terstruktur.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: Pertama, Bagaimana penerapan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo 2019?. Kedua, Apakah penerapan model Make A Match dapat memotivasi siswi pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Nurul jadid paiton probolinggo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalag studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Fiqih dan para siswa di Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan Model pembelajaran Make A Match di Madrasah Aliyah Nurul Jadid dapat dikatakan telah memenuhi prosedur dari tahapan demi tahapan dari langkah-langkah yang terdapat pada model pembelajaran Make A Match di Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Kedua, model pembelajaran Make A Match di Madrasah Aliyah Nurul Jadid memberikan peningkatan motivasi yang yang jauh lebih baik dalam pembelajaran. Hal itu dapat diketahui dari beberapa respon positif dari peserta didik dalam mengikuti peroses pembelajaran. Keaktifan mereka dalam aktifitas belajar, baik secara kognitif maupun fisik semuanya dapat dilihat dengan baik. Terdapat peningkatan yang jauh lebih baik dengan hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga hal itu dapat membantu guru untuk mudah menyampaikan materi yang akan diajarkan
1530304647 | 15 SIT p 647 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain