Electronic Resource
PENGARUH PENGGUNAAN TILAWATI TERHADAP KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTs. MIFTAHUL ULUM BESUKI
Penggunaan tilawati termasuk metode belajar membaca Al-Qur’an yang menggunakan nada tilawah dengan pendekatan klasikal dan individual. Penggunaan tilawati dibagi menjadi lima bagian, yaitu do’a pembuka, pelaksanaa klasikal, pelaksanaan baca simak, pemberian materi penunjang dan penutup.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidak adanya pengaruh penggunaan tilawati terhadap kemampuan baca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis di MTs. Miftahul Ulum Besuki Situbondo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 22 siswa. Adapun untuk menganalisis data menggunakan jenis analisis data uji T Test, Produc Moment dan dilanjutkan dengan Koefisiensi Determinasi. Dengan analisis data tersebut diharapkan mendapatkan data yang akurat.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa : terdapat perbedaan kemampuan baca Al-Qur’an antara siswa yang menggunakan tilawati dengan siswa yang belajar konvensional pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist di Mts. Miftahul Ulum Besuki serta tidak ada pengaruh penggunaan tilawati terhadap kemampuan baca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist di Mts. Miftahul Ulum Besuki.
1530304639 | 15 NIS p 639 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain