Electronic Resource
IMPLEMENTASI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYAMATA PELAJARAN FIKIHPESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL WAHID AL-WAHYUNI SUMBERAN BESUK PROBOLINGGO
ABSTRAK
Hosen, Moh. 2019. ImplementasiEveryone Is A Teacher Here DalamMeningkatkanKemampuanBertanyaPelajaranFiqih Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wahid Al – Wahyuni SumberanBesukProbolinggo. Skripsi, JurusanPendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, UniversitasNurulJadidPaitonProbolinggo. Pembimbing:
1. Drs. H. A. Fathorrazi, M. Pd. I2. Zaini Gunawan, M. Pd
Kata Kunci: Everyone Is A Teacher Here, KemampuanBertanya.
Dalammeningkatkankualitaspembelajarandidalamkelas, guru diharapkanmenggunakanstrategipembelajaran yang tepat, karenaselamaini guru belummenggunakansuatustrategipembelajaran yang mampumenumbuhkankemampuanbertanyapesertadidik, sekaligusmelatihdanmengembangkankemampuanberbicaradanberpikirkritis di kelas. Salah satucara yang dapatdilakukanuntukmenumbuhkankemampuanbertanyasiswayaitumelaluimotodeataustrategipembelajaran. Everyone Is A Teacher Here merupakanstrategi yang mudahuntukmemperolehpartisipasikelaskarenamemberikankesempatankepadasetiappesertadidikuntukmenjadi guru bagipesertadidik lain. Strategipembelajaraninidisesuaikandengantujuan yang ingindicapai.
Rumusanmasalahdalampenelitianini: Pertama, BagaimanaimplementasistrategipembelajaranEveryone Is A Teacher Here di MTs Nurul Wahid Al - Wahyuni?.Kedua, ApakahstrategipembelajaranEveryone Is A Teacher HeredapatmeningkatkankemampuanbertanyapesertadidikpadamatapelajaranFiqih di MTs Nurul Wahid Al – Wahyuni ?
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif, danjenispenelitianiniadalahstudikasus. Subjekdalampenelitianiniadalah guru Fiqihdanparasiswa di MTs Nurul Wahid Al – Wahyuni.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi.Analisis data mengacupadateknikanalisa data strategidari Milles danHubberman.
Sedangkanhasildaripenelitianinimenunjukkanbahwa: Pertama, implementasistrategipembelajaran Everyone Is A Teacher Here di MTs Nurul WahyuniBesukdapatdikatakantelahmemenuhiprosedurdaritahapan demi tahapandarilangkah-langkah yang terdapatpadastrategipembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Kedua,StrategipembelajaranEveryone Is A Teacher Here di MTs Nurul Wahid Al – Wahyuni SumberanBesukmemberikanpeningkatan yang jauhlebihbaikdalammenumbuhkankemampuanbertanyapesertadidikdalampembelajaran. Hal inidapatdiketahuidandilihatdarihasilbelajarpesertadidiksaatpembelajaranberlangsung, yakniketika guru memintapesertadidikuntukmenanyakanperihalmateri yang telahdijelaskanmakamereka pun akanbergantianuntukbertanya.
1530304584 | 15 MOH i 584 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain