Electronic Resource
Analisis Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Indomaret Cabang Bhinor Paiton Probolinggo)
Indomaret juga salah satu minimarket yang banyak ditemui berbagai tempat dengan jumlah gerai yang sangat banyak, dimana mereka sangat memperhatikan faktor harga, lokasi, kelengkapan produk serta kualitas pelayanan. Salah satu tindakan untuk memuaskan para konsumennya dengan cara memberikan pelayanan kepada konsumen dengan sebaik-baiknya. Kenyataan ini bisa di lihat, bahwa ada beberapa hal yang dapat memberikan kepuasan pelanggan yaitu nilai total pelanggan yang terdiri dari nilai produk, nilai pelayanan, nilai personal, nilai image atau citra, dan biaya total konsumen yang terdiri dari, biaya moneter, biaya waktu, biaya tenaga, biaya pikiran. Kualitas pelayanan yang baik dapat menjadi keunggulan. Kualitas yang baik juga harus di laksanakan demi kelangsungan hidup suatu minimarket. Baik tidaknya suatu kualitas pelayanan barang atau jasa tergantung pada kemampuan produsen daalam memenuhi harapan konsumen secara konsisten. Konsumen yang merasa puas secara tidak langsug akan menciptakan loyalitas, dan mendorong terjadinya recomendasi dari mulut kemulut, bahkan dapat memperbaiki citra perusahaan indomaret dimata konsumen
Pokok permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi pelayanan di indomaret cabang Bhinor dan bagaimana dampak strategi pelayanan dalam meningakatkan kepuasan konsumen di Indomart Cabang Bhinor .
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data kualitatif yang digunakan dalam kualitatif meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi pelayanan di Indomaret Cabang Bhinor menerapkan sistem 3S (senyum, salam, sapa) dan menjaga kesopanan. Sedangkan dampak yang ada di indomaret menimbulkan kepuasan dan tidak kepuasan terhadap konsumen tercapai dengan melalui komunikasi yang baik. Sedangkan ketidakpuasan konsumen terjadi karena ketidak sesuaian harga yang ada di rak serta masalah produk yang tidak lengkap`
1520801843 | 15 KHU a 843 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain