Electronic Resource
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN PROBOLINGGO
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu dari Lembaga Teknis Daerah Kabupaten menurut ketentuan Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor 78 Tahun 2016 berkedudukan sebagai unsur penunjang Pemerintah Daerah di bidang Perpustakaan. Perbaikan pelayanan publik menjadi salah satu pekerjaan rumah aparatur penyedia layanan yang belum terselesaikan. Salah satu masalah penting yang terdapat dalam organisasi ialah adanya perubahan penggabungan dua bidang menjadi satu dan berstatus menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentangPerangkat Daerah.
Dari permasalahan di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya tulis ilmiah (Skripsi) dengan objek penelitian manajemen perubahan yang telah diimplementasikan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo khususnya dalam meningkatkan mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi manajemen perubahan dalamm eningkatkan mutu pelayanan yang digunakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen perubahan dalam meningkatkan mutu pelayanan setelah diterapkannya manajemen perubahan.
Untuk menjawab permasalahan di atas digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis dan interpretasi data, peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan data.
Maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi manajemen perubahan dalam meningkatkan mutu pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo dilakukan melalui proses envisioning, activating, supporting, installing, ensuring, dan recognizing. Dan faktor pendukung dari implementasi manajemen perubahan dalam meningkatkan mutu pelayanan ialah adanya sarana dan prasarana yang memadai, adanya program-program dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten probolinggo yang berjalan lancar dan baik diwujudkan dengan bertambahnya minat masyarakat. Sedangkan faktor penghambat dariimplementasi manajemen perubahan dalam meningkatkan mutu pelayanan ialah dengan timbulnya kesulitan dalam pencarian bahan bacaan dengan modul pengkatalogan yang kurang teratur.
1530500050 | 15 MIS i 050 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain