Electronic Resource
PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUL ULUM PEGALANGAN KIDUL MARON PROBOLINGGO TAHUN 2018/2019
Upaya madrasah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Raudlatul Ulum Pegalangan Kidul Maron Probolinggo. Penelitian bertujuan kepala madrasah untuk penerapan manajemen berbasis sekolah dan implikasi meningkatkan mutu pendidikan di MI Raudlatul Ulum Pegalangan Kidul Maron Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi: guru, karyawan, siswa di MI Raudlatul Ulum Pegalangan Kidul Maron Probolinggo.
Jenis penelitian studi kasus melalui teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis dan interpretasi data, penelitian menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen berbasis sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dapat dikatakan berjalan baik dengan mengacu pada terpenuhinya dimensi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi konsiderasi individual, sumber inspirasi serta idealisme. Faktor pendukung Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MI Raudlatul Ulum Pegalangan Kidul Maron Probolinggo terkait dengan demokratisasi pengambilan keputusan/kebijakan kepala sekolah, profesionalisme kerja tenaga kependidikan, tersedianya sarana prasarana yang memadai, serta adanya dukungan dari masyarakat. Dan Faktor penghambatnya ialah kurangnya pengetahuan tenaga kependidikan tentang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), adanya pengaruh dari pusat dalam pengambilan keputusan sekolah, serta kurangnya kesadaran orang tua dalam memperhatikan, dan mengontrol putra-putrinya.
1530500038 | 15 HAL p 038 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain