Electronic Resource
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI GUIDED-INQUIRY LEARNING DI SMP N 1 SUMBERMALANG SITUBONDO
Dengan dilaksankannya Kurikulum 2013 ada tuntutan perubahan dalam proses pelaksanaan belajar mengajar di dalam kelas, dari pengajaran kepada pembelajaran. Tuntutan ini mengacu pada harapan adanya peningkatan mutu dalam mencapai tujuan belajar, tercapainya perubahan pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan belajar, baik berubah pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotoriknya. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran, ialah dengan menerapkan metode yang harus digunakan peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar. Metode yang diberikan guru kepada peserta didik adalah dengan menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing.
Adapun tujuan penulisan ialah untuk mengetahui Pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Sumbermalang dan upaya peningkatan mutu pembelajaran guided inqiry learning dan motivasi belajar
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
. Sedangkan untuk analisis, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran guided inquiry dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menunjukkan hasil peranan dengan baik.
Adapun hasil temuan dari pelaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing adalah pertama dimulai dengan bimbingan dari seorang guru kepada peserta didik yang di tuntut untuk menemukan sendiri konsep permasalahan dan penyelesaiannya. Dengan adanya pebelajaran inkuiri terbimbing yang di berikan, menurut penulis, pembelajaran inkuiri terbimbing adalah kunci utama dalam menigkatkan motivasi belajar siswa. Karena peranan pembelajaran inkuiri terbimbing yang sangat berpengaruh terhadap siswa, dimana bisa membuat siswa-siswi tertarik dan bersemangat, termotivasi dalam belajar. Terbukti dengan adanya hasil evaluasi yang rata-rata nilainya di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
1530304679 | 15 SUS u 679 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain