Electronic Resource
PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI RESPON MAHASANTRI TERHADAP PESAN DAKWAH DALAM AKUN INSTAGRAM @PESANTRENNURULJADID
Tulisan ini menjelaskan tentang penggunaan instagram sebagai trend media dakwah masa kini. Maraknya media sosial membuat para pendakwah tergelitik untuk menyalurkan dakwahnya menggunakan jejaring Internet. Melihat media adalah alat untuk menyalurkan komunikasi kepada orang lain. Sedangkan dakwah adalah mengajak orang lain menuju kebaikan. Jika disimpulkan media dakwah yaitu alat untuk mengajak orang lain ke jalan yang lebih baik. Media Instagram adalah media yang sangat menarik untuk dijadikan media dakwah. Mengingat dakwah bisa menggunakan gambar dan audio visual. Penelitian ini merupakan studi kasus tentang respon Mahasantri (santri ataupun alumni) terhadap pesan dakwah yang terkandung dalam akun Instagram Pondok Pesantren Nurul jadid (@Pesantrennuruljadid).
Rumusan masalah sebagai berikut (1) Apasaja pesan-pesan yang terkandung dalam akun Instagram @pesantrennuruljadid? (2)Bagaimana respon Mahasantri terhadap pesan dalam akun Instagram @pesantrennuruljadid?
Jenis penelitian ini adalah Metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data secara triangulasi. Triangulasi ini merupakan pendekatan multimetode yang dilakukan ketika pengumpulan data dan menganalisisnya. yaitu dengan menggunakan metode triangulasi peneliti bisa mendapatkan data dari sudut pandang yang berbeda.
Berdasarkan data yang terkumpul. Dapat kami simpulkan bahwasanya penggunaan media instagram sebagai media dakwah pada akun @pesantrennuruljadid Menunjukkan respon baik dan pesan yang di posting banyak dijadikannya sebagai acuan atau motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
1510400342 | 15 ZAK p 342 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain