Electronic Resource
PENINGKATAN LAYANAN PESANTREN BERORIENTASI PADA COSTUMER SATISFACTION DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID
Peningkatan layanan pesantren melakukan revolusi dari penerimaan yang dilakukan secara terpisah dan melakukannya secara dua kali menjadi satu tidak perlu melakukannya dua kali dan peningkatan layanan yang dapat memberikan costumer satisfaction, hal tersebut merupakan peningkatan layanan pesantren yang dilakukan untuk memudahkan wali santri serta calon santri yang mendaftar, peningkatan layanan pesantren yang berorientasi pada castumer satisfaction dalam proses pendaftaran santri baru itu melalui proses satu atap donwlod sera formulir dapat dilakukan diisi dirumah. Apalagi Pondok Pesantren Nurul Jadid bila ingin terus maju dan berkembang serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, peningkatan layanan ini diberikan untuk kenyamanan dan costumer satisfaction maka perlu adanya peningkatan layanan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: pertama, Bagaimana peningkatan layanan pesantren yang berorientasi pada costumer satisfastion di Pondok Pesntren Nurul Jadid yang kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Pondok Pesantren Nurul Jadid dalam meningkatkan layanan di Pondok Pesantren Nurul Jadid
Kajian teori dalam penelitian ini meliputi: Pelayanan dan castumer satisfastion (kepuasan pelanggan).
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumplan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan layanan pesantren terhadap penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo sudah efektif. Namun, masih perlu meningkatkan mutu pelayanan dengan mengantisipasi hambatan-hambatan yang terjadi pada tahun 2018. Dengan demikian penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo dengan peningkatan layanan pesantren untuk mengantisipasikan blundaknya santri yang mendaftar.
1530500067 | 15 SIT p 067 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain