Electronic Resource
PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN PROBOLINGGO
ABSTRAK
Ummah, Saidatul. 2019 Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengunjung Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing (I) : Dr, KH, Hasan Baharun, M.Pd ,. (II) : Abdurrahman, M.Pd.I
Kata kunci : Pelayanan perpustakaan, kepuasan pengunjung (costumer satisfaction)
Pelayanan perpustakaan adalah salah satu variabel yang sangat menentukan untuk mencapai kepuasan pengunjung perpustakaan terhadap pemanfaatan perpustakaan. Pelayanan perpustakaan dapat dikatakan sebagai ujung tombak dalam jasa penyelenggaraan perpustakaan, karena bagian inilah yang pertama berhubungan dengan masyarakat pengunjung perpustakaan serta bagian yang paling sering digunakan pengunjung perpustakaan. Dalam menyelenggarakan layanan, baik kepada pelanggan internal maupun eksternal, pihak penyedia dan pemberi layanan harus selalu berupaya untuk mengacu kepada tujuan utama pelayanan, yaitu kepuasan pengunjung (costumer satisfaction).
Tujuan penelitian merupakan pijakan dari sebuah ide penyelesaian masalah, adapun tujuan penelitian skripsi ini ialah: Yang pertama untuk mengetahui adakah pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo. Yang kedua untuk mengetahui bagaimana efektifitas pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo.
Metode penelitian yang digunakan ialah: Pertama, penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Kedua, objek penelitian ini ialah pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pengunjung. Adapun subjek penelitian ialah pengunjung perpustakaan sebanyak 200 sampel. Ketiga, metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data ialah melalui uji validitas, reliabilitas dan Product Moment.
Berdasarkan hasil penelitian yang diuji dengan statistik menunjukkan bahwa variabel independen (pelayanan perpustakaan) terhadap variabel dependen (kepuasan pengunjung) ialah pelayanan perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Hasil signifikan ialah 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak.
1530500064 | 15 SAI p 064 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain