Electronic Resource
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Abstrak
Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis pesantren di SMP Nurul jadid. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis pesantren di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo, dengan rumusan masalah sebagai berikut (1). Bagaimana perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis pesantren di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo? (2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis pesantren di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilau kepemimpinan kepala sekolah dilembaga SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis pesantren.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis study kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data menggunakan jenis analisis metode Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verivikasi. Dengan metode tersebut di harapkan mendapatkan data yang akurat.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis pesantren di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo dilakukan dengan orientasi tugas dan orientasi hubungan. Orientasi tugas meliputi pemberian perintah kepada bawahan dan Kebijakan kepala sekolah terhadap bawahan. Sedangkan orientasi hubungan terbagi menjadi dua, yaitu: partisipasi kepala sekolah terhadap bawahan dan mengatasi konflik bawahan maupun peserta didik. 2. faktor pendukung dari kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis pesantren ialah adanya Sarana dan prasarana yang memadai, tersusunnya kurikulum terpadu antara pesantren dan lembaga, Terdapat guru yang menguasai materi agama dan umum. Sedangkan faktor penghambat dari kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis pesantren ialah Tidak konsistennya pendamping, Guru menuntut perhat nian lebih terhadap kepala sekolah.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan Berbasis Pesantren.
1530500048 | 15 LUS k 048 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain