Electronic Resource
IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS XII DI MA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
ABSTRAK
Mutmainnah, Siti. 2019. Implememtasi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas XII di MA Nurul Jadid. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Nurul Jadid. Dosen Pembimbing: (1) Drs.Moh Fachri, M.Si. (2) Nurul Huda, M. Fhil.
Kata Kunci: Penggunaan Media Audiovisual, Meningkatkan Motivasi belajar Siswa, pelajaran SKI
Searah dengan perkembangan arus teknologi, proses pembelajaran mengalami perubahan dan perkembangan pesat dalam semua bidang sehingga menyebabkan kurikulum sekolah disusun menjadi lebih luas dan padat. Seperti halnya penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran, dengan diimplementasikannya media audiovisual dalam pembelajaran maka akan membantu peserta didik dalam memecahkan masalah dalam belajar dan meningkatkan minat berajar peserta didik, karena media audiovisual dapat menyampaikan informasi dengan cara yang lebih nyata daripada penjelasan yang disampaikan dengan kata-kata yang diucapkan. Dengan melihat sekaligus mendengar maka, pesera didik lebih mudah dan cepat mengerti dalam menerima materi ajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana implementasi penggunaan Media Audiovisual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan bagaimana dampak dari penggunaan media Audiovisual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa implementasi penggunaan media audiovisual pada pelajaran SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo berupa film sejarah dan video dokumenter, hal ini dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan di terapkannya media audiovisual ini dalam pembelajaran khususnya pelajaran SKI berdampak positif, yang mana peserta didik lebih bersemangat pada saat pembelajaran serta memberikan hasil yang baik, dikatakan baik karena peserta didik lebih paham dan ingat dari materi yang di pelajari serta menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan.
1530304624 | 15 SIT i 624 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain