Electronic Resource
STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK TAPE “WANGI PRIMA RASA” UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI DESA SUMBER TENGAH KECAMATAN BINAKAL KABUPATEN BONDOWOSO
ABSTRAK
Maghfiroh, Ana. 2019. Strategi Pengembangangan Produk Tape “Wangi Prima Rasa” Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. Skripsi, Program StudiEkonomi Syariah. Fakultas Agama Islam. Universitas Nurul Jadidpaiton probolinggo, Pembimbing: (1) Temmy Wijaya, SE, M.H. (2) Moh. Syaiful Suib, M.E.I
Kata kunci: Strategi Pengembangan, Daya Saing.
Strategi pengembangan produk perusahaan jenis apapun, baik yang bergerak dalam bidang produksi maupun jasa perlu menyadari bahwa kelangsungan perusahaan lebih penting dari sekedar mendapatkan laba yang lebih besar. Agar perusahaan dapat berkembang, maka diperlukan strategi pengembangan produk. Karena dengan melakukan pengembangan produk ini membuat perusahaan berkembang dan berdaya saing dengan perusahaan lainnya, dan konsumen akan semakin mengenal perusahaan melalui produk-produk baru yang telah ditawarkan. Fokus masalah yang diteliti: 1) Bagaimana proses pengembangan produk tape “Wangi Prima Rasa.” 2) Bagaimana strategi pengembangan produk tape “Wangi Prima Rasa” untuk meningkatkan daya saing di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) strategi pengembangan produk tape “Wangi Perima Rasa”meliputi beberapa tahap dari awal sampai finishing, adapun proses pengembangan tape dimulai dari munculnya ide, bermusyawarah untuk menentukan ide yang baik, pengembangan dan pengujian konsep produk, Pengembangan strategi pemasaran dengan cara menjual tape menggunakan mobil pick up dan memasarkan produk kepada pelanggan tetap di 5 kabupaten, analisis usaha, mengadakan pengembangan usaha, market testing, dan terakhir memproduksi produk dengan skala besar misalnya menambah produksi tape untuk meminimalisir biaya dan tenaga pekerja. 2) strategi pengembangan produk untuk meningkatkan daya saing adalah sebagai berikut: produk baru bagi dunia, lini produk baru, penyempurnaan produk yang sudah ada, repositioning, pengurangan biaya. Adapun produk baru yang dimiliki oleh tape “wangi prima rasa” adalah tape bakar, prol tape, dan suwar-suwir.
1520801803 | 15 ANA s 803 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain