Electronic Resource
STRATEGI PENJUALAN BARANG LELANG TERHADAP DAYA TARIK NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG JEMBER
Pegadaian dalam memberikan gadai kepada nasabah harus dengan menggunakan barang-barang bergerak. Pegadaian bertugas untuk memberi kredit hukum gadai kepada nasabah yang akan melakukan dana pinjaman dan diwajibkan menyerahkan harta bendanya kepada kantor cabang pegadaian, dan pegadaian bisa memberi ketentuan untuk melaksanakan penjualan lelang apabila nasabah tidak bisa memperpanjang atau melunasi barang tersebut. hasil lelang ditekankan untuk membayar hutang nasabah yang mempunyai pembiayaan pinjaman disertai biaya lelang. kemudian jika barang laku hasilnya akan digunakan untuk melunasi pinjaman tersebut. Maka pegadaian syariah harus bisa membuat strategi promosi, harga dan tempat sebagai sasaran dalam penjualan. Pegadaian Syariah merupakan salah satu badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempunyai ijin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana ke masyarakat atas dasar hukum gadai.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi penjualan barang lelang di pegadaian syariah cabang jember dan Bagaimana proses penjualan barang lelang pada pegadaian syariah cabang jember. Sedangkan tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penjualan barang lelang di pegadaian syariah cabang jember dan untuk mengetahui bagaimana proses penjualan barang lelang pada pegadaian syariah cabang jember Dalam peneliti ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang meliputi interview kepada Pimpinan Pegadaian Syariah Cabang Jember, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pegadaian Syariah Cabang Jember memiliki peran yang sangat efektif dalam penjualan barang lelang, khususnya bagi nasabah yang tidak bisa melunasi atau memperpanjang pembiayaannya kepada pegadaian. Pihak pegadaian sudah memperhitungkan atau sudah membuat cara untuk menaksir barang, mencuci barang supaya menarik untuk dipasarkan atau dipajang di bazar lelang dan memberikan harga pada barang yang akan dilelang. Pegadaian Syariah Cabang Jember menggunakan 4 variabel yaitu, strategi dalam bidang harga, strategi bidang distribusi, strategi dalam bidang promosi, strategi dalam bidang produk. Untuk itu Pegadaian mengelola berbagai strategi untuk menawarkan produk lelang, supaya barang yang dipasarkan laku atau terjual dengan mudah dan untuk melancarkan penjualan produk yang tersedia.
1520801820 | 15 GES s 820 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain