Electronic Resource
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA TOKO BASMALAH CABANG PAITON 2 PROBOLINGGO
Toko Basmalah Cabang Paiton2 Probolinggo merupakan Koperasi miliki Pondok Pesantren Sidogiri yang baru dibuka pada bulan Desember 2017, saat ini Toko Basmalah mengalami peningkatan yang sangat pesat sehingga sampai saat Toko Basmalah memiliki banyak konsumen khususnya di daerah Paiton sendiri, hal tersebut membuat Toko Basmalah menjadi pesaing usaha yang berat bagi Toko Modern lainnya.
Rumusan masalah sebagai berikut (1) bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan Toko Basmalah Cabang Paiton2 Probolinggo? (2)bagaimana dampak dari strategi pemasaran Toko Basmalah terhadap Toko di sekitarnya? (3) apa Strategi yang paling relevan untuk diterapkan Toko Basmalah dalam menghadapi persaingan?.
Metode Penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan Etnografi, dengan Jenis Penelitian Kualitatif, dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menganlisis data menggunakan jenis analisis metode Burhan Bungin yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dengan metode tersebut di harapkan mendapatkan data yang akurat.
Strategi pemasaran ialah perencanaan yang menyeluruh, terstruktur dan menyatu pada bidang pemasaran, yang memberikan arahan tentang pelaksanaan kegiatan pemasaran yang akan dilakukan untuk dapat mencapai tujuan pemasaran perusahaan terutama dalam menghadapi keadaan lingkungan dan persaingan usaha yang selalu berubah. Maka dari itu, strategi pemasaran harus didasarkan dengan menganalisis dari faktor internal dan faktor eksternal yang menilai perusahaan dari sisi kekuatan dan kelemahan perusahaan, dan analisis peluang dan ancaman yang harus dihadapi perusahaan dari lingkungannya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Toko Basmalah Cabang Paiton2, tersebut menggunakan strategi pemasaran produk lengkap, harga terjangkau, distribusi, dan pelayanan yang lebih memprioritaskan akhlak dan 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, Santun), sehingga dari keempat strategi tersebut Toko Basmalah dapat miningkatkan hasil penjualan produknya. Sedangkan Strategi yang paling dominan dalam meningkatkan penjualan produk adalah strategi harga untuk lebih memikat pembeli.
1520801850 | 15 MIL s 850 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain