Electronic Resource
STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN HAJI PADA MASYARAKAT DESA KALIBARU (STUDI KOMPARATIF DI BMT-UGT SIDOGIRI DAN BMT MUAMALAT CAPEM KALIBARU)
BMT-UGT Sidogiri dan BMT Muamalat Capem Kalibaru Banyuwangi merupakan lembaga keuangan syari’ah yang mana menggunakan ada Wadia’ah Yad Dhamanah pada produk tabungannya salah satunya tabungan haji. Di BMT-UGT Sidogiri dan BMT Muamalat strategi pemasaran yang gunakan dari kedua BMT tesebut mempunyai strategi yang berbeda, Bahkan prosedur yang digunakan berbeda, sehingga bagaimana nasabah atau anggota mengetahui prosedur dan strategi tabungan haji yang digunakan oleh kedua BMT tersebut.
Dari permasalahan tersebut, menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya tulis ilmiah berupa Skripsi dengan objek penelitian strategi pemasaran tabungan haji pada masyarakat desa kalibaru studi komparatif di BMT-UGT Sidogiri dan BMT Muamalat Capem Kalibaru Banyuwangi dengan rumusan masalah sebagai berikut (1). Bagaimana prosedur tabungan haji di BMT-UGT Sidogiri dan BMT Muamalat Capem Kalibaru Banyuwangi? (2). Bagaimana strategi dalam memasarkan tabungan haji di desa kalibaru di BMT-UGT Sidogiri dan BMT Muamalat Capem Kalibaru Banyuwangi?. Tujuan peneliti disini adalah untuk mengetahui perbandingan prosedur dan strategi pemasaran tabungan haji di desa kalibaru yang digunakan BMT-UGT Sidogiri dan BMT Muamalat Capem Kalibaru Banyuwangi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana sumber data didapat dari lapangan yang tidak menggunakan angka-angka. Disini Data yang peroleh oleh peneliti dari lapangan melalui observasi objek yang akan diteliti dan wawancara dengan 4 responden merupakan anggota tabungan haji di BMT-UGT Sidogiri dan BMT Muamalat Capem Kalibaru Banyuwangi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.
Maka dapat disimpulkan, bahwa strategi pemasaran tabungan haji yang mana menggunakan akad Wadia’ah Yad Dhamanah di BMT-UGT Sidogiri dan BMT Muamalat Capem Kalibaru Banyuwangi berbeda. Untuk strategi yang digunakan oleh BMT-UGT Sidogiri yaitu dengan cara menyebarkan selembaran brosur kepada masyarakat desa kalibaru banyuwangi. Sedangkan di BMT Muamalat Capem Kalibaru Banyuwangi strategi yang digunakan dengan cara terjun kelapangan artinya mendatangi masyarakat khususnya masyarakat desa kalibaru. Dari perbandiangan strategi pemasaran tabungan haji yang digunakan oleh kedua BMT tersebut dapat menarik minat untuk menabung, khususnya pada tabungan haji. Selain itu juga, masyarakata maupun anggota dapat mengetahui prosedur- prosedur yang digunakan oleh kedua BMT.
1521100043 | 15 NUR s 043 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain