Electronic Resource
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AMTSAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM PAITON PROBOLINGGO
Latar belakang penerapan Metode Amtsal (perumpamaan) sebagai salah satu metode pembelajaran, karena metode pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran PAI khusunya Sejarah Kebudayaan Islam saat ini, masih cenderung monoton dan kurang inovatif, maka metode Amtsal dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran untuk membuat materi pembelajaran lebih menarik dan efektif.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Paiton Probolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Amtsal dalam meningkatkan Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Ulum (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penarapan metode pembelajaran Amtsal dalam meningkatkan Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Ulum.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data menggunakan jenis analisis metode Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verivikasi. Dengan metode tersebut di harapkan mendapatkan data yang akurat.
Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran amtsal sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar SKI. Penggunaan metode amtsal (perumpamaan) memiliki pengaruh signifikan dalam menjelaskan arti yang samar (kurang jelas). Metode ini sangat membantu guru karena pembelajaran yang berlangsung didalam kelas berjalan dengan lancar dan siswa sangat aktif serta antusiasme dalam menerima pembelajaran yang diberikan.
1530700021 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain