Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AMTSAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM PAITON PROBOLINGGO

Khusnul Laili - Nama Orang;

Latar belakang penerapan Metode Amtsal (perumpamaan) sebagai salah satu metode pembelajaran, karena metode pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran PAI khusunya Sejarah Kebudayaan Islam saat ini, masih cenderung monoton dan kurang inovatif, maka metode Amtsal dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran untuk membuat materi pembelajaran lebih menarik dan efektif.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Paiton Probolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Amtsal dalam meningkatkan Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Ulum (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penarapan metode pembelajaran Amtsal dalam meningkatkan Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Ulum.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data menggunakan jenis analisis metode Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verivikasi. Dengan metode tersebut di harapkan mendapatkan data yang akurat.
Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran amtsal sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar SKI. Penggunaan metode amtsal (perumpamaan) memiliki pengaruh signifikan dalam menjelaskan arti yang samar (kurang jelas). Metode ini sangat membantu guru karena pembelajaran yang berlangsung didalam kelas berjalan dengan lancar dan siswa sangat aktif serta antusiasme dalam menerima pembelajaran yang diberikan.


Ketersediaan
1530700021Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15 KHU p 021
Penerbit
PAITON PROBOLINGGO : UNUJA., 2019
Deskripsi Fisik
71 HALAMAN
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1530700021
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Metode Amtsal, Hasil Belajar SKI
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik