Electronic Resource
PENGARUH CITRA MURABAHAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT UGT SIDOGIRI CAPEM PAITON
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya praktek murabahah di BMT UGT Sidogiri Capem Paiton yang memiliki peluang untuk menumbuhkan persepsi masyarakat yang baik terhadap produk tersebut. Praktek tersebut berpusat pada adanya kemudahan dan fleksibilitas pengadaan barang dalam akad murabahah, di mana pengadaan barang dapat dilakukan sendiri oleh nasabah setelah adanya penyerahan uang dan penandatanganan akad. Hal ini akan memunculkan sebuah citra yang positif terhadap produk murabahah. Kemunculan citra tersebut tentu akan menimbulkan hubungan yang positif dengan penumbuhan minat masyarakat untuk melakukan pemilihan (pembelian) produk murabahah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah citra murabahah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan produk pembiayaan murabahah di BMT UGT Sidogiri Capem Paiton?, 2) Seberapa besar pengaruh citra murabahah terhadap keputusan pemilihan produk pembiayaan murabahah di BMT UGT Sidogiri Capem Paiton?
Metodologi yang digunakan adalah : Pertama, penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Kedua, objek penelitian adalah citra murabahah terhadap keputusan pemilihan. Adapun subjek penelitian adalah nasabah BMT UGT Sidogiri Capem Paiton pada produk pembiayaan murabahah. Sampel penelitian sebanyak 85 nasabah dengan menggunakan sampel purposive sampling. Ketiga, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), interview (wawancara), dan observasi. Teknik analisis data adalah melalui uji validitas, uji reabilitas, dan korelasi produck moment yang diaplikasikan secara komputasi dengan menggunakan program SPSS seri 24.0.
Hasil penelitian yang diolah dengan test pearson product moment menunjukkan bahwa citra murabahah terhadap keputusan pemilihan nasabah dapat diterima dengan hasil 0,759 berposisi antara 0,600 sampai dengan 0,800 dengan interpretasi “cukup”. Artinya, korelasi antara dua variabel penelitian ini berada dalam kualifikasi cukup signifikan. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara citra murabahah terhadap keputusan pemilihan produk pembiayaan murabahah di BMT UGT Sidogiri Capem Paiton.
142801616s | 14 AHM p 616 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain