Electronic Resource
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA SMP NEGERI 1 PAITON PROBOLINGGO, TAHUN AJARAN 2017/2018 (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Paiton Probolinggo)
Penelitian ini menyajikan tentang penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword Puzzle dalam meningkatkan Motivasi belajar PAI siswa. Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword Puzzle ini memberikan penekana rasa percaya diri pada setiap siswa dan untuk memacu diri siswa agar lebih menggali potensi yang dimiliki. Yang mana penerapan ini membantu guru yang mengalami kesulitan dalam merancang dan mendesain strategi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan gaya belajar siswa. Dengan begitu Metode mengajar active learning”crossword puzzle” sangat efektif untuk digunakan dalam proses belajar tentunya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebab sebagai guru atau calon guru sebisa mungkin kita harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) BagaimanaPenerapan Strategi Pembelajran Aktif Tipe Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa SMP Negeri 1 Paiton Kraksaan Probolonggo,2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar PAI dengan Penerapan Strategi Pembelajaran aktif Tipe Crossword PuzzleI Siswa SMP Negeri 1 Paiton kraksaan probolinggo,3) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat Penggunaan strategi Crossword Puzzle dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Isalam dan Upaya Guru Mengatasi Kendala Penggunaan strategi Crossword Puzzle dalam Pembelajaran pendidikan di SMP Negeri 1 Paiton Probolinggo,
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif menggunakan pendekatan deskriftif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dan dalam menganalisa data yang terkumpul penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif..
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran aktive tipe Crossword Puzzle dalam meningkatkan belajar PAI siswa berjalan dengan baik. Ditandai dengan adanya proses penerapannya. a) Menjelaskan beberapa istilah atau nama-nama penting yang sessuai dengan mata pelajaran yang telah guru ajarkan, b. Menyusun crossword puzzle sederhana yang mencakup item-item sebanyak yang guru inginkan, c) Membuat contoh-contoh item-item crosswod puzzle, d) Mentukan batasan waktu. 2) Peningkatan motivasi belajar siswa terhadap materi PAI dengan penerapan strategi pembelajaran aktive tipe crossword puzzle dapat dilihat dari, a) Ketergairahan siswa, b) Memberikan harapan realistis, c) Memberikan insentif terhadap siswa, d) Memberikan arahan belajar. 3) Faktor pendukung dan penghambat Penggunaan strategi Crossword Puzzle dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Upaya Guru Mengatasi Kendala Penggunaan strategi Crossword Puzzle dalam Pembelajaran pendidikan di SMP Negeri 1 Paiton Probolinggo diantaranya, a) sulitnya media pembelajaran, b) ketersedian waktu yang singkat, c) padatnya materi yang diajarkan guru kepada peserta didik,d) Kurangnya perhatian yang dimiliki oleh guru terhadap proses pembelajaran disekolah.
143306239 | 14 LAI p 239 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain