Electronic Resource
PENGARUH METODE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KETERLIBATAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP 1 NEGERI PAITON PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2017-2018
Dasar penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan siswa kelas vii pada mata pelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam karena menganggap pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah pelajaran yang cukup sulit dan sedikit membosankan. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Pengaruh Metode example non example terhadap keterlibatan siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP 1 Negeri Paiton Probolinggo, maka dari itu salah satu inovasi yang diharapkan dapat membantu meningkatkan keaktifan terhadap proses pembelajaran adalah dengan penerapan metode example non example. Metode example non example merupakan merupakan metode yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Penggunaan media gambar ini disusun dan dirancang agar anak dapat menganalisis gambar tersebut menjadi sebuah bentuk diskripsi singkat mengenai apa yang ada dalam gambar. Gambar tersebut bisa ditampilkan melalui LCD/OHP.
Tujuan penelitian ini yakni, untuk mengetahui apakah Metode example non example berpengaruh terhadap keterlibatan siswa dan untuk mengetahui bagaimana signifikansi pengaruh metode example non example terhadap keterlibatan siswa pada mata pelajaran PAI di SMP 1 Negeri Paiton. Maka dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan “Metode Penelitian Kuantitatif Pre-Experimen Design (One Group Pretest Posttest Design)”, yakni penelitian eksperimen yang melibatkan 1 kelompok eksperimen. Kelompok tersebut diberi pre-test sebelum diterapkannya treatment, dan kemudian dilakukan post-test. Adapun analisis datanya menggunakan Uji-T. Dari penelitian ini menghasilkan bahwa Metode example non example tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keterlibatan siswa pada mata pelajaran PAI di SMP 1 Negeri Paiton Probolinggo.
133305979 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain