Electronic Resource
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI SMP ISLAM AR-ROFI'IYYAH SEMAMPIR KRAKSAAN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Semakin sadarnya guru akan pentingnya model dan media yang dapat membantu pembelajaran mulai dirasakan . Pemanfaatan alat bantu yang tepat dalam pembelajaran sudah sangat dibutuhkan. Karena belajar adalah proses awal dalam diri manusia, maka guru bukanlah merupakan yang dominan dari sumber belajar, namun merupakan salah satu komponen dari sumber belajar yang disebut pendidik.
Adanya realita dan permaslahan diatas, maka peneliti merumuskan masalah yaitu Untuk mendeskripsikan model yang digunakan dalam pembelajaran Fikih di SMP Islam Ar-Rofi’iyah Semampir Kraksaan Probolinggo dan Untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dan meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Fikih di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah Semampir Kraksaan Probolinggo.
Dengan menggunakan pendekatan Deskriptif-Kualitatif. Adapun pengumpulan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis dengan menggunkan Miles and Huberman yaitu : data reduction, data display, dan conclusion.
Hasil penelitian menunjukkan bahwaPenggunaan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih di SMP Islam Ar-Rofi’iyyah Semampir Kraksaan Probolinggosebagai berikut : a. Menetukan, merumuskan, mengkaji permasalahan yang dihadapi oleh siswa. b. Mencari bahan dari berbagai sumber yang menyebabkan kesulitan dan masalah bagi siswa. c. Melaksanakan berbagai pendekatan kearah pemecahan masalah yang di hadapi oleh siswa. d. Memberikan bantuan dan nasehat yang diperlukan oleh siswa. e. Menempatkan kembali peserta yang telah mendapat penyuluhan bimbingan khusus ke dalam kelas siswa. f. Melakukan pembinaan terus menerus dan memantau perkembangan siswa selanjutnya. Dan Peningkatan Motivasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di SMP Islam Ar-Rofi’iyah Semampir Kraksaan Probolinggosangat signifikan dalam kepribadian siswa.
143306177 | 14 MIS p 177 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain